Setahun 2 Kali Kudeta di Burkina Faso, Terbaru Kapten Dongkel Letkol

Kapten Ibrahim Traore
Kapten Ibrahim Traore
Sumber :
  • thenationalnews

VIVA – Burkina Faso pantas masuk dalam daftar negara paling tidak aman saat ini. Baru awal tahun ini terjadi kudeta, kini kudeta kedua baru saja terjadi. Dan lagi-lagi pasukan bersenjata di Burkina Faso menjadi bagian sentral dalam kudeta kedua tahun ini. 

Pada Jumat malam kemarin, 30 September 2022, sekelompok pasukan bersenjata tiba-tiba telah melakuan sabotase dalam sebuah siaran langsung televisi. Sebelumnya juga terjadi sebuah ledakan di dekat istana presiden di Ouagadougo. 

Militer Burkina Faso sebut sudah gulingkan presiden

Militer Burkina Faso sebut sudah gulingkan presiden

Photo :
  • Antara/Reuters/Anne Mimault

Sekelompok pasukan bersenjata ini mengumumkan dalam siaran televisi tersebut bahwa mereka telah mengambil alih pemerintahan yang sebelumnya dipegang Presiden Paul-Henry Damiba. Ini menjadi kudeta kedua dalam setahun yang terjadi di negara Afrika Barat tersebut.

Tentu masih segar dalam ingatan pada 24 Januari lalu, kudeta pertama terjadi saat Damiba yang kala itu berpangkat Letnan Kolonel berhasil merebut tampuk kekuasaan dari Presiden sebelumnya Roch Kabore. Kini, giliran Damiba yang terdepak. 

Presiden Burkina Faso Roch Marc Christian Kaboré

Presiden Burkina Faso Roch Marc Christian Kaboré

Photo :
  • securityconference.org

Dilansir dari The National News, pemimpin kelompok bersenjata yang berhasil melakukan kudeta kedua dalam setahun ini adalah Kapten Ibrahim Traore. Ia juga muncul dalam siaran televisi tersebut bersama para pengawal setianya.