Tiba di Luhansk, Pasukan Cadangan Rusia Disambut Bak Pahlawan

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Luhansk, Ukraina
Sumber :
  • rferl.org

VIVA – Janji Presiden Vladimir Putin mengerahkan pasukan cadangan militer Rusia ke Ukraina, akhirnya dipenuhi. Sejumlah pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) tiba di Oblast (Provinsi) Luhansk, Senin 3 Oktober 2022.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, Kementerian Pertahanan Rusia mempublikasikan sebuah video yang menunjukkan kedatangan personel cadangan di Luhansk. 

Dalam video berdurasi 1 menit 13 detik, sejumlah warga Luhansk menyambut kehadiran tentara Rusia dengan hangat. Seorang wanita langsung menyapa para prajurit, dan menyatakan perasaannya yang sangat senang setelah tahu Rusia memobilisasi pasukan cadangannya.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Wanita itu merasa tenang, setelah referendum yang digelar dan meresmikan Republik Rakyat Luhansk (LPR) menjadi wilayah baru Republik Federasi Rusia. Kehadiran pasukan cadangan Rusia akan menjaga dan mengamankan kehidupan rakyat Luhansk, dari serangan militer Ukraina yang mencoba merebut wilayahnya kembali.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Luhansk, Ukraina

Photo :
  • atlanticcouncil.org
Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

"Anak-anak, kami sangat senang bahwa Anda dan kami bersama sekarang. Kami sangat bahagia. Saya pribadi sangat senang. Hormat kami untuk kalian semua," ujar seorang wanita kepada para prajurit militer Rusia.

Sambutan wanita itu sontak dijawab oleh seorang tentara Rusia. Sikap baik dari para warga Luhansk membuat sang prajurit yakin kedatangannya ke wilayah baru Rusia memiliki arti penting. Sang prajurit cukup terkejut saat kedatangannya disambut simpul senyum warga Luhansk.

"Fakta bahwa Anda datang dalam suasana hati seperti itu, memberi kami senyum Anda, kami senang, kami tahu bahwa Anda tidak datang dengan sia-sia," kata seorang tentara Rusia.

Putin mengeluarkan dekrit pada 21 September 2022 lalu, untuk memastikan pengerahan 300.000 personel cadangan ke empat wilayah Ukraina yang memilih bergabung dengan Rusia. Melalui jalur referendum, Donetsk, Kherson, Luhansk dan Zaporizhzhia, secara resmi bergabung dengan Rusia.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Luhansk, Ukraina

Photo :
  • lowyinstitute.org

Sejumlah prajurit yang tiba di Luhansk adalah gelombang pertama kedatangan personel cadangan militer Rusia di Ukraina. Dalam waktu dekat, secara keseluruhan pasukan cadangan akan tiba di tiga provinsi yang memilih lepas dari kedaulatan Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya