Neraka Donetsk, Pemberontak Pro-Rusia Bantai 60 Tentara Ukraina

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Donetsk, Ukraina
Sumber :
  • washingtontimes.com

VIVA – Pertempuran dahsyat masih terjadi di Republik Rakyat Donetsk (DPR), menyusul serangan militer Ukraina demi merebut kembali wilayah tersebut. Kontak tembak terjadi sejak Rabu 5 Oktober 2022 hingga saat ini, dan menimbulkan sejumlah korban.

TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

Juru Bicara Milisi Rakyat Donetsk, Kolonel Eduard Aleksandrovich Basurin, menyatakan jika pasukan Ukraina menelan banyak kerugian dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Sebanyak 60 tentara Ukraina disebut Basurin tewas dalam konfrontasi bersenjata di wilayahnya.

Sementara itu, Milisi Rakyat Donetsk yang mendukung unit militer Rusia juga mengklaim berhasil menghancurkan sejumlah alat utama sjstem persenjataan (alutsista) Ukraina. 

Di Hadapan Ratusan Perwira Hantu Laut TNI AL, KSAL: Hembusan Nafas Marinir Adalah Kesetiaan!

Tiga unit pesawat tanpa awak (drone), lima unit kendaraan lapis baja, Sistem Peluncur Multi-Roket (MLRS) BM-21 Grad dan artileri meriam M777 kaliber 155 mm buatan Amerika Serikat ikut dilumat pasukan sekutu Rusia.

VIVA Militer: Bangkai tank dan kendaraan militer Rusia

Photo :
  • ibtimes.co.au
Dipindah dari Kodim Pencetak Panglima TNI, Letkol Berdarah Kopassus Melesat Jadi Dandim Yogyakarta

"(Ukraina) kehilangan tenaga sekitar 60 personel," ucap Basurin dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS.

Data yang dipublikasikan oleh Basurin, berbeda jauh dengan klaim militer Ukraina. Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari International Business Times, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) menyatakan telah menghabisi nyawa 200 tentara Rusia.

Otoritas militer Ukraina menyebut Rusia kehilangan ratusan tentaranya dalam pertempuran yang pecah di front timur, tepatnya di kota Kramatorsk, Donetsk, dan Kryvyi Rih di Oblast Dnipropetrovsk.

Selain mengklaim telah membunuh ratusan personel militer Rusia, Ukraina juga menyatakan telah berhasil menghancurkan 11 unit tank dan 20 unit kendaraan tempur lapis baja. 

VIVA Militer: Bangkai tank Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di wilayah Ukraina

Photo :
  • asiatimes.com

Dalam datanya, Angkatan Bersenjata Ukraina memastikan 61.000 tentara tewas, sementara 2.435 unit tank dan 5.037 kendaraan lapis baja Rusia juga hancur selama invasi berlangsung sejak 24 Februari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya