Doa Terkabul, Ukraina Bakal Punya Senjata Pemusnah Rudal Rusia

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara Aster militer Italia
Sumber :
  • plymouth.ac.uk

VIVA – Harapan Ukraina untuk memiliki senjata penghancur rudal-rudal Rusia sepertinya akan segera jadi kenyataan. Salah satu negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Italia, akan memberikan sistem rudal pertahanan udara kepada militer Ukraina.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, Sekretaris Dewan Pertahanan dan Keananan Nasional Ukraina, Oleksiy Danilov, menegaskan jika salah satu cara mengusir Rusia dari negaranya adalah dengan memiliki sistem persenjataan modern.

Danilov sadar betul pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) kewalahan menghadapi rentetan serangan rudal Rusia. Sejumlah basis militer Ukraina dan infrastruktur vital jaringan listrik serta telekomunikasi hancur, setelah dihantam rudal-rudal Rusia.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

"Syarat utama Presiden (Zelensky) dalam negosiasi dengan Rusia adalah pemulihan integritas teritorial," ucap Danilov dikutip VIVA Militer dari Odessa Journal.

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara Aster militer Italia

Photo :
  • medyaturk.info
Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

"Dengan jaminan pertahanan udara modern, pesawat terbang, tank, dan rudal jarak jauh. Langkah strategi proaktif, rudal Rusia harus dihancurkan sebelum diluncurkan di udara, di darat dan di laut," katanya.

Gayung bersambut. Dilansir VIVA Militer dari Defense Express, pemerintah Italia dikabarkan tengah mempersiapkan paket baru bantuan militer ke Ukraina. Di dalamnya, termasuk sejumlah sistem rudal pertahanan udara semisal Aster SAMP/T, Aspide, serta rudal kendali FIM-92 Stinger.

Untuk saat ini, masih belum diketahui secara pasti berapa unit rudal Aster SAMP/T dan Aspide yang akan diberikan. Begitu pula kapan Italia akan dapat mentransfer senjata-senjata itu ke Ukraina masih belum diketahui.

Namun demikian, Menteri Pertahanan Italia, Guido Crosetto, sudah berkomunikasi dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Jenderal (Purn.) Lloyd Austin. Crosetto menegaskan janji untuk mendukung Ukraina dalam perlawanan terhadap pasukan militer Rusia.

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara Aspide

Photo :
  • mbda-systems.com

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari The Military Balance 2021, Angkatan Bersenjata Italia memiliki 20 unit sistem rudal pertahanan udara Aster SAMP/T , 32 unit rudal Aspide yang dilengkapi dengan AIM-7 Sparrow buatan AS, serta FIM-92 Stinger yang kuantitasnya tidak diketahui.

Rudal Aster adalah senjata buatan perusahaan Eurosam GIE asal Prancis, yang diproduksi sejak 2001. Rudal ini memiliki dua varian, Aster 15 dan Aster 30, dengan platform peluncuran darat SAMP/T dan laut PAAMS.

Untuk Aster 15, rudal ini memiliki kecepatan maksimal 3 Mach atau setara dengan 3.704,4 kilometer per jam dengan jarak jangkauan di atas 30 kilometer. Sementara untuk Aster 30 memiliki kecepatan maksimal 4,5 Mach (5.556,6 kilometer per jam) dengan jangkauan di atas 120 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya