2 Orang Tewas, Rudal Rusia Nyasar Hantam Polandia

VIVA Militer: Dampak serangan rudal Rusia di Przewodow, Polandia
Sumber :
  • cnn.com

VIVA – Sebuah rudal militer Rusia menghantam sebuah desa di Polandia, Przewodow, Provinsi Lublin, Selasa 15 November 2022. Serangan rudal itu membunuh dua orang warga sipil yang tinggal di wilayah tenggara Polandia.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Washington Examiner, desa Przewodow adalah wilayah yang berada dekat dengan perbatasan Ukraina.

Serangan tersebut diyakini adalah bagian dari rentetan serangan rudal militer Rusia, yang diarahkan ke tujuh kota di Ukraina. Salah satunya ditujukan ke kota Lviv, Oblast (Provinsi) Lviv, yang terletak di bagian barat Ukraina dan dekat perbatasan Polandia.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Juru Bicara Pemerintah Polandia, Piotr Muller, menyebut para pejabat tinggi negaranya langsung mengadakan pertemuan pasca serangan tersebut. Meskipun tak menjelaskan secara detail hasil pertemuan, Muller memastikan pembahasan terkait situasi darurat.

VIVA Militer: Serangan rudal Rusia di Przewodow, Polandia

Photo :
  • nytimes.com
Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Rusia membantah kabar tersebut. Dalam pernyataannya, kementerian pertahanan menuding jika serangan itu sengaja dilakukan oleh pihak tertentu untuk memprovokasi dan membuat Rusia jadi kambing hitam.

"Bahwa klaim tersebut adalah provokasi yang disengaja untuk meningkatkan situasi, dan bahwa tidak ada serangan di dekat perbatasan negara Ukraina-Polandia dengan cara penghancuran oleh Rusia," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Sementara itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat juga sudah menerima kabar tersebut. Akan tetapi, Juru Bicara Pentagon, Brigadir Jenderal Pat Ryder, juru Departemen Pertahanan tidak dapat menguatkan rinciannya segera setelah berita tentang serangan Rusia tersiar.

Peristiwa jatuhnya rudal Rusia di Polandia bersisiko menyeret negara Barat, termasuk Amerika, untuk melancarkan perang terhadap Rusia. Pasalnya, Polandia adalah salah satu dari 30 negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

VIVA Militer: Dampak serangan rudal Rusia di Przewodow, Polandia

Photo :
  • mil.in.ua

Selama invasi Rusia pecah sejak 24 Februari 2022, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, telah berulang kali menegaskan bahwa negaranya akan mempertahankan setiap jengkal wilayah NATO.

Polandia sendiri adalah salah satu basis Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces), yang dikerahkan di bawah bendera NATO.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO Juni 2022 lalu, Biden mengumumkan pembentukan Pos Komando Korps Garis Depan ke-5 militer Amerika Serikat di Polandia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya