Operasi Cakar-Pedang Militer Turki, Ratusan Mayat Milisi Kurdi Bergeletakan

VIVA Militer: Kontak tembak pasukan militer Turki dengan milisi Kurdi
Sumber :
  • siasat.com

VIVA – Serangan dahsyat dilancarkan pasukan Angkatan Bersenjata Turki (TSK) terhadap basis-basis milisi Partai Buruh Kurdistan (PKK) di wilayah utara Suriah dan Irak, sejak Minggu 20 November 2022. Ratusan anggota organisasi yang dianggap Turki sebagai kelompok teroris, tewas di dua wilayah tersebut.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Kabar keberhasilan serangan militer Turki terhadap basis milisi Kurdi dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Turki dalam sebuah pernyataan.

Dalam laporan yang dinukil VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, militer Turki membombardir sarang milisi Kurdi dalam operasi khusus dengan sandi Operasi Cakar-Taring (Operation Claw-Sword).

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

"Sejak awal Operasi Claw-Sword, 184 teroris telah tewas dengan bantuan (serangan) pesawat dan tembakan dari darat," ucap Menteri Pertahanan Turki, Jenderal Hulusi Akar.

VIVA Militer: Kontak tembak pasukan militer Turki dengan milisi Kurdi

Photo :
  • france24.com
4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

"Menurut perkiraan kami, angka ini akan bertambah. Kami akan melanjutkan perjuangan kami sampai teroris terakhir dimusnahkan," katanya.

Lebih lanjut Akar menjelaskan, militer Turki mengerahkan lebih dari 50 pesawat tempur dan 20 unit pesawat tanpa awak (drone) dalam Operasi Cakar-Taring. 

Dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) tersebut, pasukan Turki menembaki markas milisi Kurdi yang kerap melakukan aksi teror di wilayah Turki. Terutama, insiden bom yang mengguncang Istanbul, Minggu 13 November 2022.

Aksi teror di ibukota Turki itu didalangi oleh seorang anggota wanita milisi Kurdi, Ahlam Al-Bashir. Selain Al-Bashir, otoritas keamanan Turki juga telah menangkap puluhan orang lainnya.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Turki (TSK) dan pejuang Suriah

Photo :
  • nbcnews.com

Puluhan orang ditangkap lantaran diduga berafiliasi dengan Partai Buruh Kurdistan, dan diyakini terlibat dalam perencanaan serangan bom yang menewaskan enam warga Turki.

Kementerian Pertahanan Turki memastikan sejumlah keberhasilan yang diraih selama Operasi Claw-Sword. Selain berhasil menewaskan ratusan anggota milisi, militer Turki juga mengetahui letak sejumlah markas utama dan lokasi konsentrasi teroris.

Operasi khusus militer Turki juga masih terus berlanjut hingga saat ini. Pada Senin 21 November 2022, jet tempur F-16 Turki melanjutkan serangan di wilayah Suriah setelah kota-kota perbatasan Turki diserang dari Suriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya