Pura-pura Menyerah, Tentara Rusia Akhirnya Ditembak Mati di Luhansk

VIVA Militer: Tentara Rusia jadi tahanan perang militer Ukraina
VIVA Militer: Tentara Rusia jadi tahanan perang militer Ukraina
Sumber :
  • nbcnews.com

VIVA – Kementerian Pertahanan Rusia kembali melayangkan tudingan kepada Ukraina telah melakukan kejahatan perang. Tuduhan ini dilontarkan setelah seorang tentara Rusia yang sudah menyerah, malah ditembak mati oleh pasukan militer Ukraina.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Al Jazeera, sebuah video dipublikasikan oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Isinya, pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) mengeksekusi tentara Rusia yang sudah menyerah.

Kejadian ini disebut otoritas Rusia terjadi di wilayah Makiivka, Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang sebagian masih dikuasai oleh militer Ukraina.

Tuduhan Rusia segera langsung dibantah oleh Mikhail Podolyak, Penasihat Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Podolyak menyatakan, penyerahan diri unit militer Rusia memang sekilas benar. 

VIVA Militer: Tentara Rusia jadi tahanan perang pasukan Ukraina

VIVA Militer: Tentara Rusia jadi tahanan perang pasukan Ukraina

Photo :
  • republicworld.com

Akan tetapi, tak semua tentara Rusia saat itu menyerah dan beberapa diantaranya mencoba menembaki pasukan Ukraina.

"Saat seseorang menonton video lengkapnya, jelas bahwa beberapa prajurit Rusia benar-benar akan menyerah, dan beberapa dari mereka menembaki orang-orang Ukraina yang mencoba menjalankan prosedur tersebut," ujar Podolyak.