Ini Senjata Rusia yang Paling Bikin Amerika Jiper, Ternyata TNI Punya 20 Unit

VIVA Militer: Jet tempur Mikoyan-Gurevich MiG-21 Fishbed
VIVA Militer: Jet tempur Mikoyan-Gurevich MiG-21 Fishbed
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Berharga murah dan kalah dalam hal teknologi tak membuat senjata milik militer Rusia dipandang remeh oleh negara kompetitor utamanya, Amerika Serikat (AS). Ada satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) Rusia, yang sangat ditakuti oleh armada Paman Sam.

Memiliki kecepatan suara 2 Mach atau setara dengan 2.470 kilometer per jam, alutsista ini pernah menjadi andalan di era Uni Soviet. Diproduksi sejak 1959 hingga 1985, alutsista ini jadi salah satu produk yang membuat Amerika geram saat bersaing ketat dengan Soviet pada masa Perang Dingin.

Alutsista itu adalah pesawat tempur Mikoyan-Gurevich MiG-21 yang oleh Amerika diberi julukan Fishbed. Didesain oleh perusahaan pertahanan dan luar angkasa Uni Soviet, Mikoyan-Gurevich, MiG-21 pernah diterjunkan di berbagai palagan.

Salah satunya adalah pada masa Perang Vietnam, yang berlangsung pada 1955 hingga 1975. Dilansir VIVA Militer dari Samolotypolskie, Uni Soviet yang berada di belakang Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara) menyuplai sekitar 200 unit jet tempur MiG-21. 

VIVA Militer: Jet tempur MiG-21 Angkatan Udara Kroasia

VIVA Militer: Jet tempur MiG-21 Angkatan Udara Kroasia

Photo :
  • b92.net

Pesawat-pesawat ini memiliki peran penting bagi tentara komunis Vietnam, saat menghantam pasukan Republik Vietnam (Vietnam Selatan) yang bersekutu dengan Amerika. 

Dalam laporan lain yang dikutip dari 19fortyfive, pilot-pilot jet tempur komunis Vietnam berhasil menghancurkan 17 unit pesawat pembom Republik F-105 Thunderchief militer Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
img_title