Gara-gara Jet Siluman, Amerika Sulut Api Perang Turki-Yunani

VIVA Militer: Jet tempur siluman Lockheed Martin F-35 Lightning II
Sumber :
  • defenseworld.com

VIVA – Di tengah meningkatnya tensi hubungan Turkinl dan Yunani, Amerika Serikat (AS) justru bakal menjual jet tempur siluman Lockheed Martin F-35 Lightning II ke salah satu negara tersebut. 

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Amerika ditengarai tengah mempertimbangkan menjual jet tempur General Dynamics F-16 Fighting Falcon ke Turki, sementara bakal melego F-35 ke Yunani. Hal ini membuat rezim Recep Tayyip Erdogan geram dikarenakan rencana tersebut.

Bakal dijualnya pesawat tempur F-16 ke Turki adalah siasat AS untuk membuat Erdogan lunak, terkait sikap kebetatab terhadap aksesi Finlandia dan Swedia menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

Seperti yang diketahui, Turki adalah negara yang paling menentang masuknya kedua negara Skandinavia itu ke dalam NATO. Di sisi lain, Presiden Joe Biden malah mendesak kepada Kongres AS agar sepakat dengan strategi tersebut.

VIVA Militer: Jet tempur F-16 Angkatan Bersenjata Turki (TSK)

Photo :
  • thedrive.com
Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Langkah itu dilakukan Biden, sebagai upaya untuk membuat kedua sekutu NATO damai dan menjaga keseimbangan kekuatan di Laut Aegea. 

Turki pertama kali mengajukan proposal pembelian 40 unit pesawat tempur F-16 Block 70 terbaru, dan 79 kit modernisasi untuk F-16 yang lebih tua pada Oktober 2022 lalu. 

Turki dan Amerika akhirnya mencapai kesepakatan jual beli jet tempur F-16 dengan nilai kontrak mencapai US$20 miliar, atau setara dengan Rp304,14 triliun.

Mendatangkan lebih banyak jet tempur F-16 dilakukan Turki, usai ditendang Amerika dari program F-35 pada 2020 lalu. Turki dieliminasi dari program itu lantaran telah membeli sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf dari Rusia.

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf

Photo :
  • hurriyet.com.tr

Padahal sebelumnya, Turki punya niat membeli 100 unit pesawat F-35 dalam program tersrebut. Di sisi lain, Amerika justru malah mau melepas pesawat tempur generasi kelima itu ke Yunani.

Dalam beberapa tahun terakhir, Yunani telah meminta untuk membeli F-35. Pada Konferensi Tingkat Tinggi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (KTT NATO) Juli 2022 lalu di Madrid, Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, mengutarakan niatnya membeli satu skuadron F-35.

"Bagian dari prosedur ini adalah pengiriman Surat Permintaan, yang terjadi dalam beberapa hari terakhir," ucap Mitsotakis dilansir VIVA Militer dari Greek Reporter.

Kekhawatiran Ankara atas pertimbangan AS terhadap Athena, ditegaskan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu. Cavusoglu mengkritik AS telah menghancurkan kebijakan menjaga keseimbangan selama bertahun-tahun antara Turki dan Yunani.

VIVA Militer: Jet tempur F-35 militer Amerika dikawal F-16 TNI Angkatan Udara

Photo :
  • Instagram/@militer.udara

"Keseimbangan hubungan antara Turki dan Yunani mulai memburuk. AS memiliki kebijakan keseimbangan," kata Cavusoglu.

 Keseimbangan antara bagian Turki dan Yunani di Siprus mulai memburuk. Sekutu seperti AS perlu berhati-hati," ujar Cavusoglu dikutip VIVA Militer dari Hurriyet Daily News.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya