Bertaruh Nyawa di Medan Perang, Duit Makan Tentara Ukraina Dikorupsi Menteri?

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov
Sumber :
  • rferl.org

VIVA – Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, menjadi sorotan terkait dugaan korupsi logistik tentara Ukraina yang tengah berperang melawan pasukan Rusia.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Biro Antikorupsi Nasional Ukraina bergerak untuk melakukan penyelidikan sesuai perintah Presiden Volodymyr Zelensky, terkait masalah pembelian generator listrik Kementerian Infrastruktur Ukraina.

Pembelian generator listrik sebelumnya dilalukan oleh institusi itu, pasca serangan rudal militer Rusia yang menghantam sejumlah fasilitas di berbagai wilayah.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Akan tetapi, nilai pembelian dinilai terlalu tinggi sehingga menimbulkan kecurigaan Zelensky. Penyelidikan berbuah hasil, hingga akhirnya Wakil Menteri Infrastruktur Ukraina, Vasyl Lozynskyi.

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov

Photo :
  • politico.eu
Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Selain masalah dugaan mark up dana pembelian generator, Biro Antikorupsi Nasional juga melakukan penyelidikan terkait kontrak katering mjliter Kementerian Pertahanan Ukraina.

Nilai kontrak katering Angkatan Bersenjata Ukraina diketahui bernilai fantastis, €326 juta atau senilai dengan Rp5,3 triliun. Yang membuat Reznikov semakin disorot, ia justru mengaku tidak menandatangani langsung kontrak tersebut.

Tuduhan itu membuat Reznikov geram. Mantan prajurit Angkatan Udara Uni Soviet ini menyebut tuduhan korupsi sebagai kampanye kotor.

Hal itu disebut Reznikov sengaja dihembuskan untuk merusak kepercayaan pada Kementerian Pertahanan Ukraina dan reputasinya di kalangan internasional.

VIVA Militer: Perawatan tentara Ukraina yang mengalami cedera

Photo :
  • nytimes.com

"Pekan ini akan menjadi waktu untuk keputusan yang tepat. Saya tidak ingin mengumumkannya sekarang, tetapi semuanya akan adil," ujar Zelensky dikutip VIVA Militer dari Politico.

"Dalam setiap situasi, kami akan menganalisis semuanya secara mendetail. Isu terkait energi dan pengadaan. Hubungan antara pemerintah pusat dan daerah. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pengadaan untuk militer," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya