Hanya 30 Menit, 3 Helikopter Serbu Tercanggih Rusia Jadi Rongsokan

VIVA Militer: Helikopter serbu Ka-52 militer Rusia dihantam rudal Ukraina
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) dikabarkan telah menembak jatuh tiga unit helikopter serbu Kamov Ka-52 milik militer Rusia, Selasa 24 Januari 2023. Yang lebih mencengangkan, ketiga helikopter dihacurkan dalam waktu 30 menit.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Informasi ini disebar oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, lewat akun media sosial Twitter resminya.

Dengan menggunakan rudal pertahanan udara, pasukan Ukraina melibas helikopter yang diklaim sebagai yang tercanggih milik Rusia.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Dalam pernyataannya, militer Ukraina mengungkap serangan yang menjatuhkan tiga helikopter tempur Pasukan Dirgantara Rusia (VKS) terjadi di Republik Rakyat Donetsk (DPR).

VIVA Militer: Puing helikopter serrbu Ka-52 militer Rusia

Photo :
  • defence-ua.com
Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

"Pada 24 Januari, Pasukan Pertahanan Udara Ukraina menembak jatuh 3 helikopter serang Ka-52 Rusia selama rentang waktu 30 menit," bunyi pernyataan Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, dilansir VIVA Militer dari Newsweek.

Helikopter Kamov Ka-52 dikenal dengan nama Alligator. Dibangun dan diproduksi oleh Biro Desain Kamov sejak 1990, helikopter serbu Ka-52 dirancang untuk menerjang segala cuaca. 

Ka-52 adalah predator bagi kendaraan lapis baja termasuk tank. Bagaimana tidak, helikopter ini memiliki sejumlah senjata mematikan. Roket S-8 80x80 milimeter atau S-18 20x122 milimeter, rudal anti-tank 9K121 Vikhr, hingga bom dengan hulu ledak konvensional 450-500 kilogram.

Selain menembak jatuh tiga helikopter Kamov Ka-52, militer Rusia juga melaporkan telah menghancurkan satu unit jet tempur Sukhoi Su-25.

VIVA Militer: Puing helikopter serrbu Ka-52 militer Rusia

Photo :
  • npr.org

Pesawat tempur militer Rusia itu dikabarkan tengah menjalankan misi di wilayah udara Yevhenivka, distrik Volnovalkha, sebelum akhirnya ditembak jatuh di kota Artyomovsk (Bakhmut).

"Pesawat sedang melakukan misi di sekitar Yevhenivka (distrik Volnovakha, Oblast Donetsk). Pejuang Ukraina juga menembak jatuh sebuah Su-25 Rusia di sekitar Bakhmut," kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya