Horor, Video Detik-detik Tentara Ukraina Jadi Mayat Dihantam Senjata Terkuat Rusia

VIVA Militer: Serangan mortar 2S4 Tyulpan militer Rusia
Sumber :
  • Twitter/@UATV_en

VIVA – Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) kembali menunjukkan kekuatannya, saat menyerang artileri berat militer Ukraina di sebuah wilayah yang berada di Republik Rakyat Donetsk (DPR), Minggu 29 Januari 2023.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Sejumlah video beredar di berbagai platform media sosial, yang menunjukkan detik-detik mortir 2S4 Tyulpan menghantam sebuah artileri militer Ukraina. 

Dalam video tersebut, terlihat enam orang tentara Ukraina terpental dan tewas seketika.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, serangan itu dilancarkan oleh Brigade Slavia ke-1 militer Rusia.

VIVA Militer: Serangan mortar 2S4 Tyulpan militer Rusia

Photo :
  • Twitter/@Cyberspec1
TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Setelah menerima laporan titik koordinat daerah yang dijadikan benteng pertahanan dan penempatan artileri berat oleh militer Ukraina, pengintai langsung mengirim informasi ke awak mortar.

Seketika, peluru mortir 240 milimeter jatuh dan meledak tepat di artileri militer Ukraina dan menghabisi nyawa enam tentara Ukraina.

Dilansir VIVA Militer dari The National Interest, 2S4 Tyulpan diketahui adalah satu-satunya mortir yang bisa menembakkan peluru 240 milimeter. 

Kemampuan itu menjadikan senjata berjuluk "Tulip" milik militer Rusia ini sebagai mortir terkuat di dunia.

Mortir 2S4 Tyulpan dirancang dan diproduksi oleh perusahaan industri pertahanan Uraltransmash, yang merupakan anak perusahaan Uralvagonzavod, pada 1969.

Diproduksi sebanyak 588 unit periode 1969 hingga 1988, hanya digunakan oleh Tentara Merah Uni Soviet dan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.

Mortir Tulip diketahui mampu menghancurkan sasaran sejauh 10 kilometer. Sementara, kendaraan mortir ini memiliki jangkauan operasional sejauh 420 kilometer, dengan kecepatan 62 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya