Meriam Jadi Rongsokan, Gudang Amunisi Hancur, Pasukan Ukraina Terkapar di Front Selatan

VIVA Militer: Bangkai meriam swagerak 2S3 militer Ukraina
Sumber :
  • reddit.com

VIVA – Unit pasukan artileri Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), dikabarkan berhasil menghancurkan gudang amunisi dan senjata militer Ukraina di desa Ingulets, distrik Beryslavsky, Kherson, Kamis 2 Februari 2023.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Seorang perwira unit artileri militer Rusia yang identitasnya dirahasiakan, mengklaim telah berhasil menghancurkan meriam swagerak (self-propelled howitzer) 2S3 Akatsiya (Acacia).

Tak hanya itu, akibat serangan itu tiga awak meriam swagerak 2S3 Akatsiya juga tewas. Sementara, seorang prajurit lainnya mengalami luka-luka.

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

"Kemarin sore, tembakan artileri di daerah Ingulets (sebuah desa di distrik Beryslavsky di wilayah Kherson) menghancurkan howitzer Akatsiya dengan amunisinya," ucap perwira militer Rusia itu.

VIVA Militer: Bangkai meriam swagerak 2S3 militer Ukraina

Photo :
  • reddit.com
Meski Tengah Perang, Kekuatan Militer Rusia Tumbuh 15%, Kok Bisa?

"Kerugiannya adalah tiga tentara Angkatan Bersenjata Ukraina tewas, satu terluka," katanya dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

Meriam swagerak 2S3 Akatsiya adalag alat utama sistem persenjataan yang dirancang dan dibuat sejak era Uni Soviet, oleh perusahaan industri pertahanan, Uraltransmash.

Dengan kaliber 152,4 mm, Akatsiya yang diproduksi sejak 1967 mampu menghancurkan sejumlah sasaran. Mulai dari baterai artileri dan mortir, peluncur roket, kendaraan lapis baja, serta pos komando senjata serangan nuklir taktis. 

Sementara itu, dua gudang amunisi dan senjata Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) di desa Zmievka, yang juga di wilayah Kherson berhasil dielimibasi pasukan Rusia. 

VIVA Militer: Gudang senjata militer Ukraina terbakar dihantam artileri Rusia

Photo :
  • rusvesna.su

Laporan ini dikonfirmasi langsun oleh Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis 2 Februari 2023.

"Di arah Kherson, akibat tembakan artileri di wilayah kota Kherson dan desa Zmievka, dua depot amunisi Angkatan Bersenjata Ukraina dihancurkan," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya