Jenderal Raja Intel Ukraina Resmi Jadi Menteri Pertahanan

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Ukraina, Mayor Jenderal Kyrylo Budanov
Sumber :
  • pravda.com.ua

VIVA  – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, secara resmi mengangkat Mayor Jenderal Kyrylo Budanov, sebagai Menteri Pertahanan baru. Budanov menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh Oleksii Reznikov.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, pengumuman pergantian posisi Menteri Pertahanan Ukraina dipublikasikan Minggu 5 Februari 2022.

Budanov sebelumnya menduduki posisi sebagai Kepala Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina. Sementara, Reznikov akan menempati jabatan baru sebagai Menteri Industri Strategis Ukraina.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Oleksii Reznikov mengosongkan kantor Menteri Pertahanan Ukraina untuk digantikan oleh kepala intelijen militer Kyryl Budanov," ucap David Arakhamia, Pemimpin Fraksi Partai Pelayan Rakyat Ukraina.

VIVA Militer: Eks Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov

Photo :
  • cepa.org
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

VIVA Militer melaporkan dalam berita, Selasa 24 Feberuari 2023, Wakil Menteri Menteri Infrastruktur Ukraina, Vasyl meletakkan jabatannya usai diduga terlinat dalam korupsi yang berkembang dalam beberapa pekan terakhir.

Tak hanya itu, skandal korupsi juga menyeret nama Wakil Menteri Pertajanan Vyacheslav Shapopalov dan Wakil Direktur Departemen Kementerian Pengadaan Negara Ukraina, Bogdan Khmelnitsky.

Khusus untuk Khmelnitskyi, ia diduga terlibat dalam penggelembungan dana kontrak katering militer Ukraina. Dalam laporan lain dilansir VIVA Militer dari RIA Novosti, nilai kontrak katering militer Ukraina mencapai  €326 juta atau senilai dengan Rp5,3 triliun.

Reznikov kemudian menjadi sorotan, karena mengaku tidak menandatangani langsung kontrak tersebut. Sementara, Badan Anti-Korupsi Ukraina meyakini jika Khmelnitsky yang meresmikan kontrak tersebut.

VIVA Militer: Mayor Jenderal Kyrylo Budanov

Photo :
  • ukrinform.net

Sementara itu, karier Budanov semakin mengkilap di tengah kecamuk agresi militer Rusia. Perwira tinggi militer Ukraina yang baru berusia 37 tahun ini, pernah menduduki sejumlah posisi vital di struktur militer dan Kementerian Pertahanan Ukraina.

Budanov ikut serta dalam Perang Rusia-Ukraina pada 2014, dan jadi aktor utama pertukaran tahanan perang dengan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) pada September 2022. Berkat jasanya, 215 orang tentara Ukraina dibebaskan dari penahanan pasukan Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya