Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un
Sumber :
  • livemint.com

VIVA  – Tentara Rakyat Korea Utara (KPA) akan mengadakan parade militer massal di ibukota Pyongyang, pekan ini. Akan tetapi jelng gelaran akbar muncul kabar Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, menghilang.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer, Kantor Berita Korea Utara NK News, putra kedua Kim Jong-il dikabarkan tidak hadir dalam pertemuan Politbiro Komite Sentral Partai Buruh Korea (WPK), Minggu 5 Februari 2022 kemarin.

Ketidakhadiran Kim dalam rapat Politbiro Partai Buruh Korea, disebut yang ketiga kalinya selama 2023. Pada 2014 silam, Kim juga sempat tak diketahui keberadaannya selama 40 hari.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Parade militer Korea Utara diperkirakan bakal dihelat pada Rabu 8 Februari 2023. Gelaran ini akan menandai perayaan hari ulang tahun Tentara Rakyat Korea Utara yang ke-75. 

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • cnbc.com
Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Hingga berita ini diturunkan, belum ada satu pun pihak otoritas Korea Utara yang mengonfirmasi Kim akan hadir di parade militer.

Di sisi lain, Kim sebenarnya bisa memanfaatkan momentum itu untuk memamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru. 

Senjata ini adalah penerapan program pengembangan rudal berkemampuan nuklir. Senjata nuklir Korea Utara ini tak hanya dianggap ancaman oleh Amerika Serikat (AS). Tetapi, bagi seluruh negara sekutu Paman Sam di kawasan Asia.

Pekan lalu, Korut menebar ancaman akan melawan gerakan militer Amerika Serikat dengan senjata nuklir yang yang terkuat. Ancaman ini muncul setelah militer AS dan Korea Selatan (Korsel) terus menggelar latihan bersama.

VIVA Militer: Parade militer Tentara Rakyat Korea Utara (KPA)

Photo :
  • cnbc.com

Amerika mengerahkan sejumlah alutsista utama, mulai dari pesawat pembom, hingga kapal induk ke Semenanjung Korea. Latihan ini sudah berlangsung sejak Desember 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya