Batalyon Aidar, Pasukan Kejam Ukraina Penantang Armada Tempur Rusia

VIVA Militer: Pasukan Neo-Nazi dari Batalyon Aidar Angkatan Darat Ukraina
Sumber :
  • almayadeen.net

VIVA Militer – Baru-baru ini Presiden Volodymyr Zelensky menyatakan penarikan pasukan, komando militer Ukraina kembali mengirim sejumlah personel ke kota Artyomovsk, Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Lebih tepatnya, unit nasionalis militer Ukraina yang mahsyur dikenal dengan sebutan Batalyon Aidar. Pasukan ini yang dimobilisasi, dengan tujuan mendobrak jalur Artyomovsk-Chasov Yar, Selasa 21 Februari 2023.

VIVA Militer: Pasukan Neo-Nazi dari Batalyon Aidar Angkatan Darat Ukraina

Photo :
  • euromaidanpress.com
Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Juru Bicara Milisi Rakyat Luhansk, Letnan Kolonel Andrey Marochko mengungkap fakta terbaru. Marochko menjelaskan, Batalyon Aidar juga mendapat misi mempertahankan posisi militer Ukraina di daerah sekitar Artyomovsk. Berikut profil Batalyon Aidar Angkatan Bersenjata Ukraina yang dapat VIVA Militer bagikan dilansir dari berbagai sumber:

Sejarah Batalyon Aidar

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Dibentuk pada Mei 2014, Aidar adalah Batalyon Pertahanan Teritorial pertama Ukraina - detasemen militer sukarela di bawah Kementerian Pertahanan.

Saat pemilihan parlemen Ukraina 2014, mantan komandan Aidar, Serhiy Melnychuk, menjadi anggota Verkhovna Rada yang mewakili Partai Radikal dari Oleh Lyashko. Ia menduduki peringkat ketiga dalam daftar pemilihan partai.

Komandan kompi kedua Aidar, Ihor Lapin, adalah seorang anggota parlemen untuk Front Rakyat setelah memenangkan kursi pemilihan daerah di Lutsk dalam pemilihan yang sama.

Tidak ada yang terpilih kembali dalam pemilihan parlemen Ukraina 2019 (Melnychuk) gagal memenangkan kursi di sebuah daerah pemilihan di Novomoskovsk. Dengan 0,31% suara dan Lapin tidak cukup tinggi dalam daftar pemilihan (berada di urutan ke-49) Solidaritas Eropa untuk terpilih).

Melnychuk gagal memenangkan kursi di sebuah daerah pemilihan di Novomoskovsk dengan 0,31% suara dan Lapin tidak cukup tinggi dalam daftar pemilihan (berada di urutan ke-49) Solidaritas Eropa untuk terpilih).

Konflik Internal dan Sempat Dibubarkan

VIVA Militer: Pasukan Neo-Nazi dari Batalyon Aidar Angkatan Darat Ukraina

Photo :
  • almayadeen.net

Pada 8 Agustus 2014, Menteri Pertahanan Ukraina, Valeriy Heletey, menyatakan bahwa batalion tersebut akan ditata ulang, akan menerima peralatan yang lebih baik dan akan melihat lebih banyak misi tempur.Valeriy Heletey menyatakan bahwa batalion tersebut akan ditata ulang, akan menerima peralatan yang lebih baik dan akan melihat lebih banyak misi tempur.

Melnychuk menggambarkan perintah itu sebagai "penjahat", tetapi mengakui bahwa sebagian besar tentara Aidar telah dibebastugaskan atau berada di bawah kendali resmi pada tahun 2015.

Batalyon tersebut menjadi sorotan setelah beberapa lusin anggotanya tewas dalam penyergapan di selatan Shchastia setelah pengumuman gencatan senjata pada 6 September 2014. Aidar secara resmi dibubarkan pada 2 Maret 2015Shchastia setelah pengumuman gencatan senjata pada 6 September 2014. Aidar secara resmi dibubarkan pada 2 Maret 2015

"untuk mencegah tindakan ilegal beberapa perwakilan unit sukarelawan" (menurut Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina).

Setelah "pemilihan tentara yang hati-hati", itu kemudian direorganisasi menjadi Batalyon Serangan Terpisah ke-24 Angkatan Darat Ukraina. Letnan Kolonel Yevhen Ptashnik diangkat sebagai komandan batalion.

Anggota Batalyon AidarAidar

Batalyon Aidar mengumpulkan sukarelawan dari wilayah Lviv, Chernihiv, Luhansk, Kharkiv, Krimea, Kyiv, Ivano-Frankivsk, dan Donetsk. Itu termasuk anggota legislatif Oblast Luhansk, mantan walikota Oleksandrivsk, dan pelindung pertahanan diri dari protes Euromaidan di Kyiv.

Peristiwa Batalyon AidarAidar

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • rferl.org

Juli 2014 Rusia memulai penyelidikan kriminal terhadap komandan Aidar, Serhiy Melnychuk, karena "mengatur pembunuhan warga sipil". Pilot sukarelawannya, Nadiya Savchenko, ditangkap oleh separatis pro-Rusia di dekat Luhansk, dibawa ke Rusia dan didakwa membunuh dua jurnalis Rusia.

8 September 2014 Amnesty International mengklaim bahwa batalion tersebut telah melakukan kejahatan perang, termasuk penculikan, tersingkir di luar hukum, perlakuan buruk, pencurian, pemerasan, dan kemungkinan eksekusi.

24 Desember 2014, Amnesty International melaporkan bahwa unit tersebut memblokir bantuan kemanusiaan dari Ukraina yang menjangkau penduduk di wilayah yang dikuasai separatis. Lebih dari satu persen penduduk di daerah ini bergantung pada bantuan pangan.

Menurut Amnesti Internasional, batalyon Aidar, Donbas dan Dnipro-1 mengatakan mereka memblokir bantuan karena mereka "percaya makanan dan pakaian berakhir di tangan yang salah dan dapat dijual alih-alih diberikan sebagai bantuan kemanusiaan".

Denis Krivosheev, penjabat Direktur Eropa dan Asia Tengah untuk Amnesti Internasional, menyatakan bahwa membuat warga sipil menderita karena metode perang adalah kejahatan perang.

April 2015, Gubernur Luhansk Hennadiy Moskal yang ditunjuk pemerintah Ukraina menyatakan bahwa batalion Aidar "meneror wilayah tersebut" dan meminta Kementerian Pertahanan Ukraina untuk mengendalikan anggotanya setelah pencurian, termasuk ambulans dan pengambilalihan pabrik roti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya