Terkepung Total, Ribuan Tentara Ukraina Menanti Ajal di Front Timur

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)
Sumber :

VIVA –  Setelah berhasil merebut Soledar dan Artyomovsk (Bakhmut), pasukan militer Rusia tengah menggempur kota selanjutnya, Chasov Yar, yang juga terletak di Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Chasov Yar adalah kota yang terletak 11 kilometer sebelah barat Artyomovsk, yang masih berada di bawah kendali Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU). 

Seperti yang sudah dilaporkan VIVA Militer sejak Januari 2023, unit Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) yang didukung pasukan Muslim Chechnya, Milisi Rakyat Donetsk dan Luhansk, serta bayaran tentara dari Wagner Group, terus bergerak tanpa bisa dibendung.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Pada Januari lalu, pasukan Ukraina yang merebut kota pusat tambang garam terbesar kalah telak. Komando militer Ukraina kemudian menarik pasukannya ke Artyomovsk, yang berjarak 14,9 kilometer.

VIVA Militer: Pasukan cadangan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • forbes.com
Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Hanya beberapa pekan kemudian, tentara Rusia dan sekutunya kembali melibas pasukan Ukraina di Artyomovsk. 

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, bahkan mengakui kekalahan anak buahnya dan membiarkan Artyomovsk jatuh ke tangan Rusia. Zelensky tak bisa membiarkan lebih banyak nyawa melayang, selain kerugian material lain yang dialami pasukan Ukraina.

Chasov Yar jadi bidikan Rusia selanjutnya. Penasihat Kepala Republik Rakyat Donetsk, Yan Gagin, mengungkap situasi di wilayah tersebut. 

Gagin menjelaskan jika komando militer Ukraina telah mengerahkan sejumlah pasukan tambahan, untuk mempertahankan Chasov Yar. Kota itu disebut Gagin akan diubah menjadi benteng pertahanan pasukan Ukraina.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • washingtonpost.com

Tak hanya itu, dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, tentara Ukraina juga akan diperkuat dengan senjata-senjata kiriman negara Barat yang telah dimobilosasi ke Chasov Yar.

"Kiev saat ini fokus pada Chasov Yar, yang akan menjadi kota berbenteng berikutnya. Persiapan untuk operasi pertahanan sedang berlangsung di sana," ujar Gagin. 

"Mereka mengerahkan sejumlaj peralatan, termasuk senjata buatan Barat. Komando kelompok pasukan yang ditempatkan di Artyomovsk juga telah mengirim senjata ke sana. Mereka berusaha membentengi kota itu," katanya.

Menurut Gagin, misi mempertahankan Chasov Yar sangat penting bagi militer Ukraina. Sebab dengan tetap menguasai kota ini, pergerakan pasukan militer Ukraina di sepanjang garis depan selatan akan terlindungi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya