Nyelonong Terobos Garis Pertahanan, Panser Ukraina Disikat Rudal Rusia

VIVA Militer: Kendaraan tempur militer Ukraina hancur dihantam rudal Rusia
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Sebuah kendaraan tempur infanteri militer Ukraina, hancur dihantam rudal Rusia. Peristiwa ini terjadi di desa Vodiane, Republik Rakyat Donetsk (DPR), Rabu 8 Maret 2023 malam waktu setempat.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Adalah BMP-2 milik Angakatan Bersenjata Ukraina (ZSU), yang jadi sasaran serangan pelury kendali anti-tank (ATGM) Kornet 9M133 pasukan militer Rusia.

Unit artileri Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), membombardir panser Ukraina bukan tanpa alasan. BMP-2 Ukraina mencoba menerobos garis pertahanan militer Rusia di desa Vodiane.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Wilayah yang diduduki oleh pasukan Korps Angkatan Darat ke-1 militer Rusia yang mengetahui pergerakan panser Ukraina, langsung melancarkan serangan rudal.

VIVA Militer: Kendaraan tempur militer Ukraina hancur dihantam rudal Rusia

Photo :
  • reddit.com
Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Seketika, kendaraan tempur lapis baja pasukan Volodymyr Zelensky rusak total. Hal ini dilaporkan langsung oleh seorang perwira militer Rusia, dengan sandi panggil Simon.

Dikatakan Simon pasukannya bergerak dari daerah Pesok, Oblast (Provinsi) Lviv dengan misi khusus membom kendaraan lapis baja militer Ukraina di Vodiane.

"Kami bekerja dari pinggiran Pesok, dengan sasaran kendaraan yang bergerak menuju Vodyane. Sebagian besar sudah di bawah kendali kami," ujar Simon dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS.

Desa Vodiane adalah salah satu wilayah kunci dari pertahanan pasukan militer, sebagai jalur utama menuju ke Avdiivka.

VIVA Militer: Kendaraan tempur militer Ukraina hancur dihantam rudal Rusia

Photo :
  • Youtube

Di sisi lain, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia berhasil menguasai Avdiivka sejak Februari 2022, di mana invasi militer Ukraina dimulai.

Sebagai informasi, rudal kendali anti-tank Kornet 9M133 adalah senjata buatan Biro Desain KBP Rusia, yang diproduksi sejak 1994 sampai saat ini. 

Dengan hulu ledak seberat 4,6 kilogram, rudal anti-tank Kornet 9M133 mampu menghancurkan sasaran maksimal 10.000 meter, atau 10 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya