Tank Kiriman Barat dalam Bahaya, Pasukan Rusia Bongkar Kelemahannya

VIVA Militer: Tank Tempur Utama (MBT) T-90 Armata militer Rusia
Sumber :
  • vnreview.vn

VIVA – Tak bisa dielakan, pasukan militer Rusia harus menghadapi sejumlah unit Tank Tempur Utama (MBT), yang dikirim negara-negara Barat. Dengan senjata berteknologi canggih tersebut, pasukan Ukraina akan memaksimalkan serangan di seluruh front.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Seperti yang diketahui, Amerika Serikat (AS) dan negara-negara sekutunya, sepakat mengirim bantuan alat utama sistem persenjataan (alutsista) berupa Tank Tempur Utama. 

Tank-tank ini diandalkan militer Ukraina, dalam perlawanan terhadap invasi pasukan Rusia. Sebut saja tank M1 Abrams dari Amerika, Leopard 2 buatan Jerman, Challanger 2 kiriman Inggris dan Leclerc dari Prancis.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Meskipun pasukan Ukraina diperkuat dengan  tank-tank tempur kiriman negara anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara), Ukraina diklaim takkan berhasil menghancurkan armada militer Rusia.

VIVA Militer: Tank M1 Abrams Angkatan Bersenjata Amerika Serikat

Photo :
  • popularmechanics.com
TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Seorang perwira Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) yang memimpin unit tank, menegaskan jika pasukannya siaga penuh menghadapi armada tank Barat militer Ukraina.

Khusus untuk tank Leopard buatan Jerman, perwira yang identitasnya dirahasiakan ini mengklaim sudah mengetahui kelemahannya. Tank canggih ini disebut memiliki titik lemah di sisi kiri.

"Ya, saya dengar, (tank) Leopard, Abrams, dan Chalanger. Kami 100 persen siap untuk mempertahankan tanah air kami," ucap perwira militer Rusia dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita RIA Novosti.

"Kami mempelajari karakteristik teknis di mana Anda bisa menabrakkan kendaraan," kata lawan bicara agensi tersebut. Jadi, untuk mengalahkan tank Leopard, Anda harus memukul di sisi kiri mesin, karena ada rak amunisi," katanya.

Jerman akan mengirim Tank Leopard 2A6 ke Ukraina.

Photo :
  • Philipp Schulze/dpa via AP.

Perwira militer Rusia tahu, Leopard 2 dilengkap.  dengan sistem radiasi, kimia, proteksi biologis serta sistem pemadam api otomatis.

Leopard juga memiliki senjata mematikan berupa  meriam smoothbore Rheinmetall RH-M-120 120 mm dan dapat membawa 42 peluru ke meriam utama. 

"Jika Anda memukul di sisi kanan, mereka duduk bertiga satu demi satu dam Anda memukul setidaknya tiga awak," ucap perwir itu melanjutkan.

"Dan di sisi kiri di area turret, mereka juga memiliki amunisi. Ini adalah Leopard. Abrams lebih mudah dihantam di bawah turret. Kami akan berhadapan dengan Leopard, Abrams, dan Challenger," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya