Misi Balas Rusia, Ukraina Malah Terima Jet Tempur Tua dari Negara NATO

VIVA Militer: Pesawat tempur Mikoyan MiG-29 Angkatan Udara Polandia
Sumber :
  • nbcnews.com

VIVA – Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) dikabarkan telah menerima jet tempur Mikoyan MiG-29, dari Polandia. Informasi ini diungkap langsung oleh Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak.

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Ukraina, Interfax-Ukraine, Blaszczak mengonfirmasi pengiriman 10 unit pesawat tempur buatan Uni Soviet saat berkunjung ke Kanada, Senin 8 Mei 2023.

Pernyataan dilontarkan Blaszczak di depan Menteri Pertahanan Kanada, Anita Anand, dalam pembicaraan terkait bantuan lanjutan untuk Ukraina.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Seperti yang diketahui, Polandia dan Kanada adalah dua negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang berkomitmen untuk mendukung perlawanan terhadap invasi Rusia.

VIVA Militer: Pesawat tempur Mikoyan MiG-29 Angkatan Udara Polandia

Photo :
  • notesfrompoland.com
Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Bantuan alat utama sistem persenjataan ini adalah yang kesekian kalinya dilakukan oleh Polandia. Pada 5 April 2023 lalu, Presiden Polandia, Andrzej Duda, mengumumkan telah mengirim delapan unit MiG-29 ke Ukraina.

Saat itu pula Duda mengatakan jika Polandia tengah menyiapkan enam unit jet tempur bermesin ganda itu. Namun ternyata, Polandia menambah jumlah kirimannya.

Meski akan menambah jumlah kuantitas persenjataan militer Ukraina, namun jet tempur MiG-29 kiriman Polandia sudah berumur tua. 

Dilansir VIVA Militer dari Flight Global, militer Polandia membeli 29 unit MiG-29 dari Uni Soviet periode 1989 hingga 1990. Itu berarti, jet tempur hibah yang diterima Ukraina sudah berusia lebih dari 30 tahun.

VIVA Militer: Pesawat tempur Mikoyan MiG-29 Angkatan Udara Ukraina

Photo :
  • theepochtimes.com

Jet tempur MiG-29 adalah alat utama sistem persenjataan yang juga masih digunakan militer Rusia hingga saat ini. Akan tetapi, Angkatan Udara Rusia (VVS) menggunakan varian terbaru, yang berusia jauh lebih muda dari mjlik Ukraina.

MiG-29 dirancang dan dibangun oleh perusahaan dirgantara Rusia, Mikoyan, sejak 1977 dan diproduksi sejak 1981. Hingga saat ini Rusia masih memproduksi MiG-29 dengan total jumlah 1.600 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya