Terobos Wilayah Rusia, Puluhan Tentara Ukraina Mati Sia-sia di Belgorod

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)
Sumber :
  • warsawinstitute.org

VIVA – Militer Ukraina dengan berani melawan dan melancarkan serangan ke Oblast (Provinsi) Belgorod, Rusia, Kamis 1 Juni 2023. Sayangnya, aksi ini harus dibayar mahal dengan tewasnya puluhan prajurit akibat aksi pasukan Rusia.

Kongkalikong dengan Jerman, Yunani Kirim Ribuan Roket ke Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia menyangkal serangan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU), ke dua wilayah di Belgorod yakni Volchansk dan Shebekino.

Dalam keterangannya, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan jika insiden itu terjadi sekitar pukul 04.00 waktu setempat. Seketika setelah mendapat aksi balasan, militer Ukraina terpukul mundur ke daerah Pletenevk.

Tentara Rusia Bombardir Tempat Pertemuan Para Jenderal Ukraina

Dalam kontak tembak tersebut, 30 orang tentara Ukraina tewas. Tak hanya itu, sejumlah kendaraan dan alat utama sistem persenjataan pasukan Volodymyr Zelensky juga hancur.

{{ photo_id :1485745}}

Sosok Jenderal TNI Mulyono, 'Buang' Pangkat Bintang 4 di Depan Prajurit Saat Jadi KSAD

Dilaporkan VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, serangan balik Rusia dilancarkan oleh unit penyerbuan yang berasal dari Distrik Militer Barat Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF).

"Hari ini, sekitar pukul 04:00 (waktu Moskow), setelah melakukan penembakan, musuh yang terdiri dari 30 prajurit dan tujuh kendaraan lapis baja mencoba menyerang ke arah Volchansk dan pos pemeriksaan mobil internasional Shebekino," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

"Artileri Distrik Militer Barat melepaskan tembakan dan menghancurkan hingga sepuluh penyerang dan sebuah kendaraan tempur lapis baja. Musuh mundur ke arah Pletenevka," lanjut pernyataan tersebut.

Selain pasukan Distrik Militer Barat, sejumlah pasukan khusus intelijen dari Badan Keamanan Federal Federasi Rusia (FSB) juga diterjunkan dalam konfrontasi bersenjata di Belgorod.

{{ photo_id :1485744}}

Sementara itu, unit militer Rusia lainnya juga mengadang laju pasukan Ukraina di sepanjang sisi Sungai Seversky Donetsk yang mengarah ke daerah Gatishcha dan Novaya Tavolzhanka . Akibatnya, lebih dari 15 orang prajurit Ukraina juga tewas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya