Mayday, Pasukan Cadangan Ukraina Bergerak Dobrak Front Timur

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)
Sumber :
  • bloomberg.com

VIVA – Meski menghadapi gelombang serangan pertahanan militer Rusia, Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) terus memobilisasi pasukannya di wilayah Republik Rakyat Luhansk (LPR), Jumat 23 Juni 2023.

Terpopuler: Pesawat Wakil Presiden Malawi Hilang, Pria Cabuli Anak Tetanggga dengan Modus Kopi

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, sejumlah tentara Ukraina tewas akibat serangan pasukan Rusia di Lysychansk, Luhansk.

Kabar itu dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Komando Distrik Militer Selatan Angkatan Bersenjata Federasi (VSRF), Kolonel Vadym Astafyev.

Satgas Marinir Ambalat dan Pulau Terluar Siap Operasi, Ini Kata Komandan Pasmar 2

Tindakan militer Rusia itu mengganggu taktik rotasi pasukan, yang tengah dijalankan oleh pasukan dari Brigade Pertahanan Teritorial ke-241 Angkatan Bersenjata Ukraina.

VIVA Militer: Pasukan cadangan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Photo :
  • theday.com
Jenderal Purnawirawan TNI AL yang Dulu Berhasil Bebaskan Sandera di Selat Malaka Datangi Koarmada II

Akan tetapi, pergerakan unit militer Ukraina tak berhenti sampai di situ. Juru Bicara Milisi Rakyat Luhansk, Letnan Kolonel Andrey Marochko, melaporkan iring-iringan besar di daerah Kupyansk.

Menurut Marochko, militer Ukraina tak cuma mengerahkan personel. Sejumlah kendaraan lapis baja juga terlihat berbaris dalam kolom pasukan cadangan Ukraina itu.

"Kolom itu termasuk kendaraan bermotor dan kendaraan lapis baja. Tank juga ditandai di pukat. Personil dan material diangkut dengan truk," ucap Marochko dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

Meski demikian, Marochko menyatakan jika dilihat dari tampilan perlengkapannya, pasukan cadangan Ukraina ini dipastikan belum akan diterjunkan ke dalam pertempuran.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)

Photo :
  • latimes.com

Sebelumnya, dia melaporkan bahwa pasukan Rusia maju ke arah Kupyansk hingga jarak sekitar satu kilometer. Pasukan Vladimir Putin disebut Marochko berhasil mendesak unit militer Ukraina kembali ke utara LPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya