Ternyata Kapal Perang Ukraina yang Dibom Jet Tempur Rusia Buatan Amerika

VIVA Militer: Kapal cepat Willard Angkatan Laut Ukraina
Sumber :
  • mil.in.ua

VIVA – Sebuah fakta di balik hancurnya kapal perang militer Ukraina di Laut Hitam terungkap. Ternyata, kapal cepat yang diklaim memata-matai fasilitas gas Rusia itu adalah buatan Amerika Serikat (AS).

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, kapal perang Angkatan Laut Ukraina itu ditembak jet tempur Rusia jenis multiperan, Sukhoi Su-30SM.

Pesawat tempur itu dikerahkan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia (VMF), usai mengetahui ada kapal asing yang memasuki wilayah tersebut.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Pada pernyataan awal, Kementerian Pertahanan Rusia tak merinci jenis kapal perang militer Ukraina itu. Akan tetapi, setelah penyelidikan singkat kapal diketahui sebagai kapal cepat Willard produksi Amerika.

VIVA Militer: Kapal cepat Willard Angkatan Laut Ukraina

Photo :
  • mehrnews.com
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari The Moscow Times, kapal perang itu juga tengah membawa sekelompok pasukan pendarat amfibi Korps Marinir Ukraina.

Terlebih lagi, Kementerian Pertahanan Rusia juga menyatakan lokasi serangan adalah di wilayah sebelah timur Pulau Ular (Snake Island).

"Pada 22 Agustus sekitar pukul 11.00 waktu Moskow (08.00 GMT) di sebelah timur Pulau Ular, kapal cepat angkatan laut Willard buatan AS dengan kelompok pasukan pendarat Ukraina dihancurkan pesawat Rusia," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Sejak Juli 2023 lalu, militer Rusia memblokade jalur lintas Laut Hitam yang ditujukan kepada kapal-kapal asing. Langkah ini dilakukan untuk memotong jalur suplai senjata, yang dikirim negara-negara Barat ke Ukraina.

VIVA Militer: Jet tempur multiperan Sukhoi Su-30M Angkatan Udara Rusia

Photo :
  • sputniknews.com

Awal pekan lalu, kapal perang Vasily Bykov mencegat kapal kargo berbendera Palau, Sukru Okan. Sebelum akhirnya dibiarkan melintas, kapal itu sempat diperingatkan dengan tembakan karena tak menghiraukan panggilan radio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya