Misteri Kematian Prigozhin Usai Jenderal Botak Dipecat Putin

VIVA Militer: Jenderal Sergey Surovikin
Sumber :
  • mod.gov.rs

VIVA – Tanda tanya besar muncul usai kabar kematian pemimpin tentara bayaran Rusia PMC Wagner Group, Yevgeny Prigozhin. Insiden kecelakaan pesawat yang menewaskannya, hanya berselang sehari pasca pemecatan Jenderal Sergei Surovikin.

Israel Akhiri Operasi di Daerah Jabalya, Fokus Dialihkan ke Rafah

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, Prigozhin diduga tewas dalam kecelakaan pesawat pribadi Embarer yang jatuh di wilayah Tver, Moskow, Rabu 23 Agustus 2023 malam waktu setempat.

Nama Prigozhin bersama petinggi Wagner Group lainnya, Dmitry Utkin, tercatat dalam manifes penumpang pesawat nahas tersebut.

Siap Ikuti Latma Rimpac, TNI AL Berangkatkan Kapal Perang KRI REM-331 Arungi Laut Pasifik ke Hawaii

Pasca insiden ini sejumlah spekulasi beredar. Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, dan Dinas Intelijen Rahasia Kerajaan Inggris (M16) meyakini jika kematian Prigozhin dan loyalisnya itu sudah direncanakan Vladimir Putin.

VIVA Militer: Komandan tentara bayaran Rusia PMC Wagner Group, Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • themoscowtimes.com
Perkuat Pertahanan Indo-Pasific, Panglima TNI Bertemu Dengan Panglima Angkatan Bersenjata Inggris

Presiden Rusia dituduh ingin menghabisi jaringan tentara bayaran Wagner Group, pasca pemberontakan gagal yang dilakukan Prigozhin dan pasukannya pada Juni 2023 lalu.

Anggota M16 Inggris, Christopher Steele, sangat mencurigai jika kecelakaan pesawat yang ditumpangi Prigozhin adalah hasil sabotase intelijen Rusia. 

Pandangan Steele dalam hal ini adalah Layanan Keamanan Federal (FSB) dan Direktotrat Intelijen Utama Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (GRU).

"Saya sangat curiga bahwa itu adalah operasi FSB atau GRU," ucap Steele dikutip VIVA Militer dari Daily Mail.

VIVA Militer: Evakuasi korban pesawat yang ditumpangi Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • dailymail.co.uk

Alasan Steele mencurigai otoritas intelijen Rusia dikarenakan peristiwa kecelakaan terjadi hanya sehari pasca pencopotan Panglima Pasukan Dirgantara Rusia (VKS) dan Panglima Angkatan Udara Rusia (VVS), Jenderal Sergei Surovikin.

Steele mengetahui jika Surovikin dan Prigozhin punya hubungan kuat. Jenderal berkepala plotos itu merupakan perwira tinggi militer Rusia yang mendukung aktivitas Wagner Group.

"(Kecelakaan pesawat) terjadi hanya satu hari setelah Jenderal (Sergei) Surovikin dipecat dari jabatannya. pekerjaan yang bertanggung jawab atas keamanan tanah air Rusia," kata Steele melanjutkan.

"Dia dipandang sebagai seseorang yang merupakan salah satu jenderal pendukung Prigozhin dan merupakan sekutunya. Baginya, pemecatannya sehari sebelumnya menunjukkan adanya pola aktivitas yang didukung negara di sini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya