GuardService, Tentara Bayaran Baru Rusia Dipimpin Jenderal yang Dipecat Putin

VIVA Militer: Jenderal Sergey Surovikin
Sumber :
  • sputnikmediabank.com

VIVA – Nasib tentara bayaran Wagner Group dipastikan tamat, setelah Rusia membentuk perusahaan militer swasta baru bernama PMC GuardService.

4 Fakta Menarik Brigjen TNI Aulia Dwi Nasrullah, Jenderal Bintang 1 Termuda Saat ini

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, pembentukan organisasi baru tentara bayaran Rusia tak lepas dari pemberontakan unit Wagner Group pada Juni 2023 lalu.

Tak hanya itu, kematian bos tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, membuat posisi pasukan paramiliter itu berada di ujung tanduk.

5 Negara dengan Pemerintahan Diktator di Dunia Modern

Meski masih menjalankan misi di sejumlah negara, pasukan yang dibentuk Prigozhin pada 2014 lalu ini bagaikan samurai tak bertuan.

VIVA Militer: Tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia

Photo :
  • latimes.com
Beda Pendapat, Perpecahan Tercium di Kabinet Pemerintahan Netanyahu

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari The New Voice of Ukraine, para anggota Wagner Group sebagian besar berada di kamp pengasingan Belarus, dan negara-negara Afrika semisal Aljazair, Mali dan Sudan.

Pusat Perlawanan Nasional Kementerian Pertahanan Ukraina menyebut, sejumlah delegasi disebar ke negara-negara itu untuk melobi para anggota Wagner Group menandatangani kontrak baru bersama GuardService.

Yang tak kalah mengejutkan, organisasi tentara bayaran Rusia terbaru ini berada di bawah komando Jenderal Sergey Surovikin.

Ya. Surovikin memang sudah lama tak terlihat setelah posisinya sebagai Panglima Pasukan Dirgantara Rusia (VKS) dicopot Presiden Vladimir Putin.

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia dari Grup Wagner

Photo :
  • thedailybeast.com

Perwira tinggi militer Rusia itu kabarnya berada di Aljazair bersama delegasi kementerian pertahanan, untuk melakukan negosiasi langsung dengan para tentara bayaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya