Tank Tempur Serang Pos Perbatasan Mesir, Israel Cari Ribut Negara Islam Lain

VIVA Militer: Tank Merkava militer Israel
Sumber :
  • defense-update.com

VIVA – Sebuah insiden mengejutkan terjadi di perbatasan Israel dengan Mesir, tepatnya di wilayah Kerem Shalom, Minggu 22 Oktober 2023. Sebuah tank militer Israel menembak pos perbatasan yang dijaga pasukan Mesir.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Meski tengah menjadi sasaran hujatan negara Islam dunia, Israel sepertinya tak peduli. Terbukti, negara Zionis itu malah menyerang pos militer Mesir yang notabene juga adalah negara muslim di utara Afrika.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengonfirmasi serangan ke pos perbatasan Mesir, lewat saluran pesan elektronik Telegram resminya.

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

Namun demikian, militer Israel menyatakan jika serangan itu merupakan ketidaksengajaan. Pasukan yang berada di bawah komando Mayor Jenderal Herzi Halevi, memastikan tengah menyelidiki insiden tersebut.

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Photo :
  • timesofisrael.com
Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Dalam pernyataannya juga, Pasukan Pertahanan Israel meminta maaf kepada pemerintah dan militer Mesir atas terjadinya peristiwa itu.

"Insiden tersebut sedang diselidiki dan rinciannya sedang diklarifikasi. Pasukan Pertahanan Israel menyatakan penyesalannya atas kejadian ini," bunyi pernyataan Pasukan Pertahanan Israel dilansir VIVA Militer dari RIA Novosti.

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari The Times of Israel, seorang juru bicara militer Israel memastikan pihaknya juga telah menghubungi Kairo guna menyatkan penyesalan atas peristiwa itu.

Sementara itu, Angkatan Bersenjata Mesir menyebut jika akibat serangan tank militer Israel di perbatasan sejumlah prajuritnya mengalami luka-luka dan beruntung tak ada korban jiwa.

VIVA Militer: Tank Merkava militer Israel

Photo :
  • reddit.com

Akan tetapi, pihak militer Mesir tidak menjelaskan secara rinci terkait jumlah personel yang menjadi korban serangan tank Israel tersebut.

Di sisi lain, muncul dugaan militer Isrel sengaja menargetkan pos perbatasan di dekat Kerem Shalom, usai Mesir membuka jalur perbatasan Rafah menuju Gaza, Palestina.

Pembukaan jalur bertujuan untuk memobilisasi bantuan kemanusiaan bagi warga Gaza, yang selama lebih dari dua pekan terisolasi akibat serangan militer Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya