Bikin Israel Babak Belur, Hizbullah Pakai Rudal Maut Tentara Bayaran Rusia

VIVA Militer: Sistem rudal jarak pendek Pantsir-S1 (SA-22) buatan Rusia
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) menguak informasi terkait keterlibatan tentara bayaran Rusia, PMC Wagner Group, dalam perlawanan Hizbullah Lebanon terhadap militer Israel.

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Milisi yang berada di bawah komando Hassan Nasrallah, berkali-kali menggempur wilayah Israel saat pasukan Zionis melancarkan invasi militer ke Gaza, Palestina.

Hizbullah yang berfiliasi erat dengan Republik Islam Iran, menggelar aksinya di wilayah utara Israel sebagai dukungan terhadap pasukan Hamas Palestina.

Modal Senyum, Pasukan Walet Hitam TNI Berhasil Buka Jalan yang Diblokade Massa Caleg Gagal Papua

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Wall Street Journal (WSJ), para pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) meyakini jika tentara bayaran Rusia telah mendaratkan sistem rudal jarak pendek Pantsir-S1.

VIVA Militer: Serangan roket milisi Hizbullah Lebanon di Israel

Photo :
  • timesofisrael.com
Malam Mendebarkan saat Prajurit TNI Gendong Plastik Berisi Bayi Cantik Bernoda Darah

Senjata mematikan buatan Rusia diyakini akan digunakan milisi Hizbullah, untuk mengeliminasi serangan yang kerap dilancarkan militer Israel dari udara.

Gedung Putih belum memverifikasi dan mengonfirmasi laporan intelijen Amerika Serikat tersebut. Namun demikian, Amerika tetap mengawasi kontak antara Hizbullah dengan Wagner Group.

Keterlibatan Wagner Group dalam aksi kolektif kelompok perlawanan Islam terhadap militer Israel memang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Akan tetapi, kehadiran Kelompok Tempur Kapal Induk USS Gerald R. Ford (CVN-78) militer Amerika Serikat dituding jadi alasan unit paramiliter Rusia tersebut.

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia dari Grup Wagner

Photo :
  • Twitter/@DefenseNigeria

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Jerusalem Post, lembaga riset yang berbasis di Washingtion D.C., Brookings Institute, mengungkap temuan kehadiran tentara bayaran Rusia di Suriah.

Selain di Suriah, pasukan Wagner Group juga aktif di sejumlah negara Afrika yakni, Libya, Mozambik, Mali, Republik Afrika Tengah, dan Sudan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya