Hadapi Teror 2 Jet Siluman Canggih Amerika, Rusia Ciptakan Rudal Penguasa Bumi

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara S--500 Promotheus militer Rusia
Sumber :
  • eurasiantimes.com

VIVA – Diklaim sebagai jet tempur generasi kelima tercanggih di dunia, jet tempur siluman Lockheed Martin F-22 Raptor dan Lockheed Martin F-35 Lightning II milik militer Amerika Serikat menjadi ancaman bagi Rusia.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Seperti yang diketahui, Amerika Serikat (AS) adalah negara terbesar penyokong persenjataan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) dalam perang melawan Rusia sejak 24 Februari 2023.

Terkait hal ini, militer Rusia telah menyiapkan sistem rudal pertahanan udara terbarunya. Meskipun dalam laporan Russian Defense saat ini armada Beruang Merah baru memiiliki lima unit.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Rudal penangkal serangan udara militer Rusia itu tak lain adalah S-500 Promotheus. Senjata yang baru diproduksi pada 2021 ini diklaim mampu menghabisi jet tempur Amerika seperti F-22 dan F-35.

VIVA Militer: Jet tempur Lockheed Martin F-22 Raptor

Photo :
  • lockheedmartin.com
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Memiliki jangkauan sejauh 370 mil (600 kilometer), rudal S-500 Rusia mampu melaju dengan kecepatan maksimal 5 Mach atau setara dengan 6.174 kilometer per jam.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari The National Interest, dengan kemampuan tersebut rudal Rusia itu mampu mengejar dan menghancurkan jet tempur F-22 yang punyakecepatan maksimal 2,25 Mach (2.414 kilometer per jam.

Tak hanya F-22, pesawat tempur siluman militer Amerika Serikat (AS) F-35 juga bisa dengan mudah dihabisi rudal tersebut. Sebab F-35 hanya memiliki kecepatan maksimal 1,6 Mach (1.975 kilometer per jam).

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, sebuah resimen S-500 pertama telah dibentuk pada 13 Oktober 2021.

VIVA Militer: Jet tempur Lockheed Martin F-35 Lightning II

Photo :
  • airspace-review.com

Akan tetapi sampai saat ini resimen tersebut beum memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan oleh operatornya, Pasukan Pertahaan Udara dan Rudal Orde Pertama Pasukan Dirgantara Rusia (VKS).

Meskipun Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) masih memiliki rudal pertahanan udara S-300 dan S-400 yang masih efekif, pemerintah Vladimir Putin menginginkan varian baru S-500.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya