Helikopter Dicolong Pilot Pembelot, Militer Rusia Tekor 14 Juta Dolar

VIVA Militer: Helikopter Mil Mi-8 militer Rusia
Sumber :
  • cnn.com

VIVA – Penemuan mayat pilot militer di Spanyol, mengungkap fakta kerugian yang ditelan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF). Maxim Kuzminov, tentara Rusia yang membelot ke Ukraina dengan membawa kabur helikopter Mil Mi-8 pada Agustus 2023 lalu.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Jenazah Kuzminov ditemukan terbujur kaku di sebuah garasi di kota Villajoyosa, dekat wilayah Alicante, Spanyol bagian selatan, pada 13 Februari 2024 . Meskipun laporannya baru muncul Senin 19 Februari 2024.

VIVA Militer melaporkan dalam berita Selasa 20 Februari 2024, Kepolisian Guardia Spanyol menyebut mayat Kuzminov dipenuhi luka tembak dengan peluru tertanam di sejumlah bagian tubuh.

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

Kepolisian Spanyol juga menyatakan tengah melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku yang berjumlah dua orang. Kedua tersangka disebut menggunakan kendaraan roda empat, yang sengaja dibakar di kota terdekat.

VIVA Militer: Pilot militer Rusia yang membelot ke Ukraina, Maxim Kuzminov

Photo :
  • ndtv.com
4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Kematian Kuzminov juga dibenarkan oleh Direktora Intelijen Militer Ukraina. Organisasi pimpinan Letnan Jenderal Kyrylo Budanov mengakui, pihaknya yang mempengaruhi Kuzminov untuk berkhianat.

Sejumlah pihak meyakini jika Kuzminov tewas akibat dibunuh oleh agen intelijen militer Rusia, yang sejak tahun lalu melacak dan memburunya.

Kehilangan helikopter Mil Mi-8 menjadi kerugian tersendiri bagi militer Rusia. Sebab seperti yang diketahui, helikopter ini yang dibawa kabur oleh Kuzminov ke Ukraina.

Selain unit yang dicuri Kuzminov, sejumlah  helikopter multiperan ini juga banyak yang ditembak jatuh tentara Ukraina selama hampir dua tahun Perang Rusia-Ukraina pecah.

VIVA Militer: Helikopter Mil Mi-8 militer Rusia

Photo :
  • thedailybeast.com

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari AirCraft24, militer Ukraina setidaknya menelan kerugian sebesar US$14.500.000, atau setara dengan Rp227,1 miliar untuk satu unit helikopter Mil Mi-8 yang hancur atau hilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya