Video Detik-detik Rudal Rusia Hantam Tank Abrams Pertama Ukraina

VIVA Militer: Detik-detik tank M1 Abrams dihantam rudal Rusia
Sumber :
  • rt.com

VIVA – Tank Tempur Utama (MBT) M1 Abrams buatan Amerika Serikat (AS) pertama yang dikendalikan tentara Ukraina, berhasil dihancurkan pasukan Rusia di kota Avdiivka, Republik Rakyat Donetsk (DPR), Senin 26 Februari 2024.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, sebuah tank Abrams militer Ukraina yang pertama kali digunakan luluh lantak dihantam rudal Rusia.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, kabar tersebut pertama kali diungkap oleh Gubernur Kherson, Vladimir Saldo.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Menurut Saldo, Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) akhirnya mengerahkan tank Abrams dalam upaya merebut kembali Avdiivka yang direbut tentara Rusia dua pekan lalu.

VIVA Militer: Bangkai tank M1 Abrams buatan Amerika Serikat

Photo :
  • rt.com
LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Tank kiriman AS itu terdeteksi posisinya oleh drone pengintai yang dikerahkan tentara Rusia dari Brigade Infanteri Bermotor ke-15, dan seketika langsung dihancurkan oleh rudal anti-tank.

"Sebuah drone pengintai mendeteksi misi tempur pertama tank tersebut, dan tank tersebut kemudian dihancurkan. Brigade Infanteri Bermotor ke-15 Rusia menghancurkan tank Abrams di kawasan Avdiivka," ujar Saldo

"Lapis baja reaktif tank tersebut gagal melindunginya. Mitos lain telah terhapuskan, keajaiban tidak terjadi," katanya dikutip VIVA Militer dari media Rusia, Rostec.

Sejumlah video beredar di media sosial Twitter (X), yang menunjukkan detik-detik alat utama sistem persenjataan rancangan General Dynamics Land Systems meledak dan hancur.

Lewat pantauan VIVA Militer dari akun X dengan nama @narrative_hole, terlihat rekaman berdurasi 16 detik saat tank Abrams yang dibawa tentara Ukraina melintas di daerah Avdiivka. 

Sementara dalam unggahan lainnya, akun tersebut menunjukkan gambar yang terlihat dari layar kontrol drone di mana kondisi tank Abrams sudah hancur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya