Horor, Rudal Termonuklir Rusia Hantam Situs Listrik Ukraina

VIVA Militer: Ledakan di PLTP Trypilska akibat serangan rudal Rusia
Sumber :
  • nv.ua

VIVA – Militer Rusia kembali menargetkan infrastruktur vital Ukraina, dalam serangan yang berlangsung di wilayah Trypilska, Kamis 11 April 2024. 

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari The New Voice of Ukraine, tentara Rusia membombardir Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Trypilska, yang terletak dekat ibukota Kiev.

Pasukan Rusia diyakini menembaki situs listrik Ukraina dengan menggunakan rudal jelajah berkemampuan termonuklir Kh-69. Hal ini diketahui dari pecahan rudal di sekitar lokasi serangan.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Senjata mematikan tersebut disebut jarang digunakan militer Rusia sepanjang perang di Ukraina. Oleh sebab itu, sejumlah jurnalis salah memprediksi jarak jangkauan maksimal rudal Kh-69.

VIVA Militer: Pembangkit Listrik Tenaga Panas Trypilska Ukraina terbakar

Photo :
  • defence-ua.com
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Semula, rudal tersebut diyakini mampu menghancurkan target maksimal sejauh 300 kilometer. Namun demikian, Kh-69 ternyata punya jangkauan mencapai 400 kilometer.

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Bulgarian Military, rudal tersebut pertama kali digunakan tentara Rusia pada Februari 2024.

Rudal Kh-69 memiliki basis peluncuran dari jet tempur taktis Sukhoi Su-34 dan Su-35. Rudal Rusia ini juga nantinya akan mampu ditembakan oleh pesawat tempur Su-57.

Penggunaan rudal Kh-69 membuat militer Ukraina khawatir, karena senjata itu dinilai memiliki ancaman lebih besar daripada rudal berkemampuan nuklir lainnya Kh-47M2 Kinzhal.

VIVA Militer: Rudal jelajah Kh-69 militer Rusia

Photo :
  • defence-ua.com

Hingga berita ini diturunkan, Layanan Darurat Negara Ukraina belum merilis data kerugian yang ditimbulkan oleh serangan tersebut termasuk jumlah korban.

Namun demikian, operator jaringan listrik Ukrenergo mengatakan penghancuran TPP Trypilska menurunkan kapasitas pembangkitan yang tersedia selama berjam-jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya