Prajurit TNI Ciptakan Cara Jalan di Tangga Agar Tak Tertular Corona

VIVA Militer: Serka Safriyal
Sumber :
  • Kodim 0112/Sabang

VIVA – Dunia sedang menghadapi bencana kesehatan terbesar di abad ini, sudah lebih dari 1 juta orang terjangkit dan lebih dari 100 ribu manusia sudah meninggal akibat wabah Virus Corona atau COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Wabah ini begitu cepat menyebar ke seluruh negara dunia, tercatat hingga saat ini sudah menyerang 180 negara termasuk Indonesia.

Virus corona bak mahkluk gaib yang tak terlihat kasat mata, karena itulah penularannya sangat cepat apalagi di lokasi-lokasi pusat aktivitas manusia seperti pasar, jalan raya dan juga perkantoran.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Berbagai cara telah dilakukan pemerintah negara-negara di dunia untuk mencegah penularan sang virus. Mulai dari penutupan kota alias lockdown, penetapan jam malam dan sebagainya. Di Indonesia sendiri pemerintah telah menetapkan wabah corona dalam status darurat sipil.

Tak cuma itu saja, berbagai anjuran juga diserukan agar tak tertular corona, seperti cuci tangan tangan pakai sabun, jaga jarak dan diam di rumah. Tips cegah corona pun sudah banyak beredar.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Namun, tips yang satu ini sepertinya belum banyak yang tahu, yakni tips cara berjalan di tangga atau eskalator agar tak tertular virus corona. Terutama di area kantor dan pusat keramaian.

Tata cara naik tangga atau eskalator ini pertama kali disosialisasi seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia bernama Sersan Kepala Safriyal. Dia adalah seorang Bintara Pembina Desa atau Babinsa di Gamping Kota Atas di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Serka Safriyal mempraktekan cara berjalan di tangga itu langsung di kantor Pemerintah Kota Sabang beberapa waktu lalu. Dan rekaman videonya telah disiarkan secara resmi melalui situs Kodim 0112/Sabang.

Dalam rekaman video itu terlihat beberapa pegawai dibariskan dalam jarak aman 1 meter sebelum naik tangga. Lalu, satu persatu pegawai diperbolehkan menaiki tangga secara bergantian dalam jarak yang cukup renggang.

Dan semua yang naik tangga tak diperkanan memegang besi pegangan pada tangga. Mereka harus berjalan tepat di tengah-tengah tangga.

"Jarak minimal 1 meter sebagai preventif pencegahan, jangan menyentuh benda ditempat umum tanpa sarung tangan, selalu mencuci tangan," tulis Kodim 0112/Sabang seperti dikutip VIVA Militer Sabtu 4 April 2020.

Tata cara naik tangga ini bukan hal sepele lho, terbukti tata cara ala Serka Safriyal ini kini dijadikan rekomendasi di Markas Besar TNI. Lihat videonya berikut ya:

Baca: Intelijen Amerika Bongkar Kebohongan China Soal Korban Tewas COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya