Panglima TNI Mutasi 16 Perwira Tinggi

VIVA Militer: Serah terima jabatan Perwira Tinggi (Pati) TNI
Sumber :
  • tni.mil.id

VIVA – Sejumlah Perwira Tinggi Tentara Nasional Indonesia (Pati TNI) dimutasi. 16 perwira tinggi dari tiga matra dilantik langsung oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meski dalam kondisi pandemi Virus Corona atau COVID-19.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Marsekal Hadi menyatakan, mutasi 16 Pati TNI yang dilakukan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

"Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/402/IV/2020 tanggal 29 April 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi  jabatan 16 Perwira Tinggi (Pati) TNI," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam keterangan resmi Mabes TNI yang diterima VIVA Militer, Kamis, 30 April 2020.

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Dari 16 Pati yang dilantik Panglima TNI, 12 diantaranya dari Angkatan Darat (TNI AD), satu dari Angkatan Laut (TNI AL), dan tiga lainnya dari Angkatan Udara (TNI AU).

12 Pati TNI Angkatan Darat yang kali ini mutasi jabatan adalah, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dari Pangdam XVIII/Ksr menjadi Danpusterad (Validasi Orgas). Kemiduan, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra dari Wadan Sesko TNI menjadi Pangdam XVIII/Ksr. 

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Lalu, Mayjen TNI Achmad Riad dari Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Wadan Sesko TNI. Brigjen TNI Sapriadi yang semula menjabat Kapusjaspermildas TNI, dilantik menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Brigjen TNI Robertus Donatus Ndona memangku jabatan bari sebagai Kapusjaspermildas TNI dari sebelumnya sebagai Dandenma Mabes TNI menjadi. Kemudian, Brigjen TNI Edmil Nurjamil dari Karo SDM Settama BIN, dilantik menjadi Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Selain itu, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro mendapat jabatan baru sebagai Asdep Koordinasi Intelijen Keamanan, Bimbingan Masyarakat dan Obyek Vital Nasional Kemenko Polhukam menjadi Irdam I/BB (validasi orgas).

Brigjen TNI Dwiyanto Budi Prabowo memegang jabatan baru sebagai menjadi Staf Khusus Panglima TNI dari jabatan sebelumnya sebagai Dirbinjemen Sesko TNI. Lalu, ada Brigjen TNI Imam Baidhowi yang diangkat sebagai Pati Mabes TNI AD setelah menduduki jabatan Kapusku TNI.

Tiga perwira menengah juga dilantik untuk menduduki posisi baru. Kolonel Arh Iriyanto dilantik menjadi Asdep Koordinasi Intelijen Keamanan, Bimbingan Masyarakat dan Obyek Vital Nasional Kemenko Polhukam, dari jabatan semula sebagai Ta Pengkaji Muda Bid. Politik Lemhanas. 

Kemudian, ada Kolonel INf Abdul Rachman, yang dilantik menjadi  Dirbinjemen Sesko TNI dari Kadepops Sesko TNI. Satu perwira menengah yakni Kolonel Inf Asep Jauhari Puja Laksana dilantik menjadi Karo SDM Settama BIN dari jabatan semula sebagai Agen Madya pada Binda Sumatera Utara BIN.

Selain itu, tiga Pati TNI dari Angkatan Udara yang mutasi jabatan adalah, Marsda TNI Kisenda Wiranatakusumah, M.A. dari Kabais TNI menjadi Kabais TNI (Validasi Orgas), Kolonel Adm Gladly Mailoa, S.E. dari Waka Pusku TNI menjadi Kapusku TNI, Marsda TNI Abdul Wahab, S.Sos., M.M. dari Aslog Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

Dan, satu orang Pati di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dimutasi adalah Kolonel Laut (E) Heru Wiyono dari Gumil Utama Pok Gadik Kodiklatal menjadi Dandenma Mabes TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya