Resmi Pensiun, Ini Deretan Prestasi Mantan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna

VIVA Militer: Mantan KSAU, Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna
Sumber :
  • Website TNI AU

VIVA – Pada Rabu, 20 Mei 2020, Presiden Joko Widodo melantik Kepala Staf Angkatan Udara untuk mengganti Marsekal Yuyu Sutisna yang akan pensiun pada bulan Juni 2020 mendatang. 

Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Dilansir dari berbagai sumber Kamis 21 Mei 2020, ternyata Yuyu Sutisna memiliki segudang prestasi sebelum dan selama ia menjabat sebagai KSAU. Ia pertama kali dilantik pada 17 Januari 2018 untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Sutisna disebut-sebut memiliki catatan zero accident selama ia menjabat sebagai KSAU. Hal ini berhasil diraih Sutisna karena ditambah dengan hasil kerja keras serta komitmen dari dalam diri personel TNI AU.

Kodam: Rachel Vennya Dibantu Paskhas TNI AU saat Kabur Karantina

VIVA Militer: Mantan KSAU, Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna

Kemudian di tahun 2018, TNI AU di bawah pimpinan Sutisna juga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Hal ini juga bisa diraih karena kerjasama dari semua jajaran TNI AU mengenai laporan pertanggungjawaban keuangan.

Gawat, Jenderal Bintang 2 TNI Dipukuli Warga

Pada tahun 2018, anggaran TNI AU mencapai Rp1,215 triliun, kemudian turun Rp 436 miliar di tahun 2019. Sehingga anggaran TNI AU hanya Rp 779 miliar di tahun 2019. Tidak hanya menurunkan anggaran, Yuyu Sutisna juga turut andil dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tahun 2018, TNI AU membuktikan kontribusinya dalam bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi bencana alam yang terjadi seperti membantu masyarakat Lombok yang terkena gempa pada 29 juli 2018.

Kemudian ia juga turut hadir dalam operasi penanggulangan gempa dan tsunami Palu-Donggala pada 28 September 2018, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau dan Kalimantan Tahun 2019, tsunami di Banten 22 Desember 2018, dan banjir bandang yang melanda Sentani Jayapura 16 Maret 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya