Haru, Perjuangan Tim Cobra di Malam Takbir Selamatkan Pasien Corona

VIVA Militer: Letkol Laut drg M Arifin dan Letkol dr Heru Wisnu
Sumber :

VIVA – Di saat Umat Muslim Indonesia sedang bersuka cita menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Ternyata ada orang-orang yang masih berjuang menyelamatkan ribuan nyawa manusia

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Ya mereka adalah para prajurit Tentara Nasional Indonesia yang sedang berperang melawan Virus Corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

Sangat mengharukan, di bawah kumandang takbir yang syahdu mereka masih sibuk berperang melawan Virus Corona. Mereka hanya mampu mendengarkan gema takbir dan letusan kembang api yang beterbangan di langit Jakarta.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Menurut Pengendali Lapangan Medis dan Paramedis RS COVID-19 Wisma Atlet, Letkol Laut drg M Arifin, tak ada seorang pun prajurit TNI, tenaga medis dan paramedis yang bertugas bisa pulang.

"Kami di sini tim Cobra punya semboyan, pantang pulang sebelum corona tumbang," kata Komandan Batalyon Kesehatan Marinir TNI AL itu dalam perbincangan dengan relawan corona dr Tirta, Sabtu malam 23 Mei 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Letkol Arifin mengatakan, tim Cobra akan berjuang walau harus berjauhan dengan keluarga di lebaran ini. Namun, dia mengimbau masyarakat di luar untuk disiplin dan menuruti arahan pemerintah untuk tidak memaksakan diri mudik ke kampung halaman.

"Harapan saya ikuti imbauan pemerintah untuk mengendalikan virus ini," kata dia.

Hal senada disampaikan Letkol dr Heru Wisnu, penanggungjawab Tower 6 ICU, HCU dan UGD RS Darurat Wisma Atlet.

"Dari awal 3 matra, baik dari angkatan darat, laut dan udara dipersiapkan untuk kondisi terburuk, di Wisma Atlet ini kami menyiapkan 55 ICU, 75 HCU, saya harap apa yang kami siapkan tak terpakai, kita tetap disiplin kita bisa melewati masa sulit ini. Tetap di rumah jangan mudik," katanya.

Baca: Nasib Mujur Embah Sumirah Saat Dicegat Tentara di Tengah Jalan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya