Sosok Buaya Raksasa Zeni TNI AD, Panjangnya 12 Meter

VIVA Militer: Amphibhious Ponton M3 Saat di Darat
Sumber :
  • Website Ditzi TNI AD

VIVA – Indonesia memiliki kendaraan tempur berat sejenis tank, kendaraan dengan bobot yang tidak ringan. Tapi pernahkah terlintas di pikiran kita bagaimana jadinya jika tank ini harus melalui sungai yang cukup lebar.

3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

Untuk itu, guna mendukung mobilitas kendaraan tempur dengan berat 60 ton itu, Zeni sebagai satuan bantuan tempur melengkapi persenjataan TNI AD dengan membeli Amphibious Ponton 3M buatan Jerman yang memiliki  spesifikasi tertentu dalam pemakaian dan pemeliharaannya.

Berdasarkan informasi Direktorat Zeni Angkatan Darat yang diterima VIVA Militer Rabu 27 Mei 2020, M3 Amphibious Rig adalah kendaraan perang amfibi yang dapat dipakai di darat dan di air. Selain sebagai senjata perang, kendaraan ini memiliki fungsi utama sebagai jembatan bagi tank dan kendaraan perang lainnya.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

Kendaraan ini seperti buaya karena merupakan jenis amfibi, bisa digunakan di darat dan di air. Fungsinya adalah sebagai jembatan atau proyeksi bagi tank dan kendaraan konvensional lainnya dalam menangani hambatan air.

Kendaraan ini memiliki panjang 13.03 m, lebar 3.35 m dan tinggi 3.97 m dengan berat total 26 ton. Alat perang ini dilengkapi mesin Diesel 289 kW sehingga dapat mencapai kecepatan maksimal 80 km per jam dengan jarak tempuh 750 km di darat. Kemudian 14 km per jam di air.

Soal Bentrok TNI AL dengan Brimob di Pelabuhan Sorong, Kapolri: Sudah Berangkulan

Konsep operasi dari Amphibious Ponton 3M dapat dikontrol sendiri melalui jalan darat, beroperasi sebagai kendaraan roda 4×4 dengan kecepatan jalan maksimum 80 km / jam.

Sementara untuk di air, kendaraan ini menyebarkan dua ponton aluminium besar, membentang di sepanjang lambungnya. Di dalam air, M3 didorong dan dikemudikan oleh 2 jet pompa yang dapat dilalui dengan kecepatan hingga 14 km / jam.

Beberapa Amphibious Ponton M3 dapat terhubung untuk membentuk rakit atau jembatan terapung yang lebih besar. Dua atau lebih rig digabungkan dalam waktu 3 menit untuk membuat feri, yang mampu membawa tank tempur utama terberat sekalipun, seperti Leopard 2A6 dan British Challenger 2 Jerman.

Tiga Amphibious Ponton gabungan bisa membawa dua MBT. Dalam waktu 15 menit total 8 Amphibious Ponton dapat digabungkan bersamaan dan membentuk jembatan sepanjang 100 m. Ini memiliki kapasitas muatan 85 t untuk kendaraan yang dilacak dan 132 t untuk kendaraan roda.

Hadirnya Amphibious PontonM3, yang berwujud bak “mega structure” dengan bobot 28 ton. Saat melaju di darat, Amphibious Ponton M3 tak ubahnya truk berukuran raksasa, dengan panjang 12,74 meter, lebar 3,35 meter dan tinggi 3,93 meter. Sebagai platform yang sifatnya self deployable by road dengan penggerak 4×4. Saat melaju di jalan mulus, Amphibious.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya