3 Kendaraan Sangar TNI, Salah Satunya Mampu Luncurkan Rudal

VIVA Militer: Deretan Kendaraan Militer TNI AD
Sumber :
  • Website Defencenews.com

VIVA – Untuk mendukung setiap misi  Tentara Nasional Indonesia ternyata PT Pindad juga memproduksi kendaraan khusus.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Edisi Selasa 23 Juni 2020 kali ini, VIVA Militer akan membahas kendaraan Komodo 4x4. Berikut 4 kendaraan khusus jenis Komodo 4x4 buatan PT Pindad:

  1. Komodo 4x4 Recon
Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

VIVA Militer: Kendaraan Khusus Komodo 4x4 Recon

Kendaraan taktis Komodo yang didesain untuk misi pengintaian ini hanya mampu diisi oleh empat personel saja. Namun dapat terhubung dengan pasukan lain melalui alat komunikasi radio VHF dan HF, serta Intercom yang sudah terpasang di dalam kendaraan.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Kendaraan ini memang dirancang agar bergerak cepat dan tepat,  sehingga kendaraan ini dilengkapi dengan mesin diesel 215 HP dengan Turbo Charger Intercooler. Selain itu Komodo 4x4 ini juga mampu mencapai kecepatan maksimum 80 kilometer/jam dengan daya jelajah sejauh 450 kilometer. 

Kendaraan ini juga memiliki GPS dan Thermal Vision untuk membantu pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan dalam keadaan gelap di malam hari.

  1. Komodo 4x4 Battering Ram

VIVA Militer: Kendaraan Khusus Komodo 4x4 Battering Ram

Varian khusus dari keluarga Komodo 4x4 yang di desain secara khusus untuk memiliki daya hantam (ramming) yang tinggi. Sehingga kemampuan ini bisa terlihat pada perubahan bumper depan dengan model yang lebih kokoh dengan pipa tubular yang membentuk perlindungan terhadap bagian depan kendaraan.

Selain itu, pada bagian kaca disematkan jaring-jaring besi untuk menghalau benda-benda yang ingin menghantam kendaraan ini. Kendaraan ini dapat membawa 8 orang dengan mesin diesel Turbo Charger Intercooler bertenaga 215 HP yang memiliki daya jelajah 450 kilometer.

  1. Komodo 4x4 Missile Launcher

VIVA Militer: Kendaraan Khusus Komodo 4x4 Missile Launcher

Untuk mendukung keperluan TNI AD dalam mempertahankan langit Indonesia, PT Pindad memproduksi kendaraan khusus varian Komodo 4x4 yang dipasang rudal Mistral pada bagian belakang kendaraan.

Kendaraan ini memiliki kapasitas untuk menampung empat personel. Untuk mempercepat perpindahan pada mesin, kendaraan ini menggunakan transmisi manual untuk mendukung kecepatan mesin.

Selain itu, Komodo Missile Launcher juga dilengkapi dengan intercom set sebagai alat komunikasi personel yang berada di dalamnya.

Baca: Kisah Tulus Prajurit TNI Merawat Mbah Ompong di Tanah Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya