Ekspedisi Arfak TNI AD, Mapala UI Bergabung

VIVA Militer: Prajurit TNI AD di hutan.
Sumber :

VIVA – Mahasiswa pecinta alam Universitas Indonesia (Mapala UI) menyambangi Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di kantornya yang berada di Cilangkap, Jakarta Timur.

TNI Kembali Sebut KKB Menjadi OPM, Ini Alasannya

Pertemuan ini dilakukan guna meminta dukungan dari TNI AD terkait kegiatan ekspedisi Pesona Timur Nusantara dengan menggelar latihan bersama dinas jasmani TNI AD.

“Kami mohon izin bekerja sama dengan Dinas Jasmani Angkatan Darat (Dinas Jasad) untuk melakukan latihan bersama, seperti panjat tebing,” ujar pembina Mapla UI, Kolonel Czi (Purn) Hari Goeritno dilansir dari Instagram TNI AD Rabu 24 Juni 2020.

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Selaku pembina Mapala UI, Hari mengungkapkan kepada KSAD bahwa kegiatan ekspedisi tersebut bertujuan untuk membuka jalur komunikasi terlebih pada sektor ekonomi pemerintah daerah setempat. 

Selain faktor ekonomi, ekspedisi ini juga bertujuan untuk membuka jalur menuju destinasi wisata. Sehingga pembukaan jalur baru diharapkan mampu mempermudah akses untuk menuju destinasi wisata.

Ketika Ratusan Pemotor Mudik Numpang Kapal Perang

“Jelajah pegunungan Arfak bertujuan untuk menginventarisasi jalur pendakian baru di pegunungan Arfak dengan jalur yang ramah bagi wisatawan dan sebagai promosi keindahan alam, serta kelestarian budaya Papua,” kata ketua pelaksana ekspedisi Mapala UI, Pujas Rani Ratu Haj.

Pujas menambahkan bahwa ekspedisi tersebut dapat menjadi sumbangan bagi ilmu pengetahuan, bahkan bisa dijadikan sumber pendapatan bagi warga setempat.

Untuk menanggapi hal tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa mengizinkan untuk melakukan latihan bersama Dinas Jasmani AD selama dua hari. KSAD juga akan menginstruksikan Pangdam untuk membantu pengamanan.

“Tetapi tim Mapala UI juga harus bertanggungjawab penuh atas ekspedisi ini,” ujar KSAD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya