Di Kapal Perang TNI AL Ini Bersemayam Meriam Bofors

VIVA Militer: KRI Teluk Lampung 540
Sumber :
  • Website Kolinlamil

VIVA – Setiap Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) memiliki nama masing-masing dan selalu berbeda antara kapal yang satu dengan yang lainnya. Salah satu KRI yang akan dibahas VIVA Militer Rabu 8 Juli 2020 adalah KRI Teluk Lampung 540.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Berdasarkan informasi yang diterima dari akun Instagram resmi TNI AL, KRI Teluk Lampung 540 merupakan kapal perang yang masih masuk dalam jajaran kapal eks Jerman Timur yang dibeli pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Kapal dengan nomor lambung 636 berjenis Landing Ship Tank (LST) yang bergabung dalam satuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) pada 26 April 1994. Sebelum berganti nama menjadi KRI Teluk Lampung 540, kapal ini bernama Schwedt 636.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

KRI Teluk Lampung 540 memiliki kemampuan berlayar selama 14 hari tiada henti dengan kecepatan maksimal 18 knot. Kapal ini juga memiliki tiga fungsi utama yaitu pengangkut pasukan darat, pengangkat peralatan tempur, dan pengangkut kendaraan amfibi.

Meski Kapal eks Jerman Timur ini memiliki fungsi utama sebagai kapal pengangkut, KRI Teluk Lampung 540 tetap dilengkapi dengan persenjataan untuk melindungi diri para prajurit.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

KRI Teluk Lampung 540 dilengkapi dengan 1 kanon laras ganda kaliber 37mm Model 1939, 1 Meriam Bofors 40/70 berkaliber 40mm dengan kecepatan tembakan 120-160 rpm, dan 2 kanon laras ganda kaliber 25mm.

Kapal eks Jerman Timur ini juga memiliki empat fungsi tambahan guna mendukung menjalankan misi TNI AL, yaitu sebagai pergeseran pasukan dan logistik, operasi bhakti, patroli keamanan laut terbatas, dan pendukung operasi secara umum (Bantuan Tembakan Kapal atau BTK dan Pertahanan Udara) dibeli era Jenderal Soeharto menjabat Presiden RI.

Baca: 5 Jenderal Terlama Duduki Kursi Komandan Tertinggi TNI AL

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya