Kopaska TNI Latihan Perang di Perbatasan Malaysia

VIVA Militer: Kopaska dan KRI Diponegoro 365 Laksanakan Latihan Bersama
Sumber :
  • Instagram TNI AL

VIVA – Tim Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Komando Armada (Guspurla Koarmada II) menggelar tactical dan boarding exercise.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

 Kegiatan latihan yang berlangsung di perairan Karang Unarang, Ambalat, Kalimantan Utara ini dilakukan guna untuk mengasah naluri tempur serta kesiap-siagaan para prajuritnya.

Dikutiip VIVA Militer melalui akun Instagram TNI AL Kamis 23 Juli 2020, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo memantau langsung jalannya latihan yang digelar di KRI Diponegoro 365.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

VIVA Militer: Kopaska dan KRI Diponegoro 365 Laksanakan Latihan Bersama

Kegiatan latihan ini bertujuan untuk mematangkan teknik Visit, Board, Search and Seizure (VBSS) yang dimiliki unsur BKO Guspurla Koarmada II dalam melaksanakan tugas operasi tempur di laut, terutama di wilayah laut perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Adapun unsur yang terlibat dalam sesi latihan kali yaitu KRI Diponegoro-365, 6 prajurit Kopaska sebagai Quick Response Unit (Sea Rider) yang terdiri dari 5 Tim Satgas dan 1 Onboard KRI DPN-365, Sekoci RHIB, serta Sea Rider Kopaska.

“Latihan disimulasikan jika KRI DPN-365 sebagai kapal suspect tanpa data AIS dan tidak kooperatif dalam menjawan hailing dari QRU (tim Kopaska). Sehingga QRU melakukan hailing sesuai dengan prosedur,” kata Rahmat.

Kemudian Rahmat menjelaskan jika QRU sudah melaksanakan warning procedure dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal suspect yang memasuki perairan Nunukan. Tim QRU juga tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan kepada seluruh personel dan dokumen kapal.

Selanjutnya tim QRU juga melaksanakan simulasi penemuan kotak atau barang terlarang yang dilanjutkan dengan melaksanakan penindakan di atas kapal.

VIVA Militer: Kopaska dan KRI Diponegoro 365 Laksanakan Latihan Bersama

“Pelaksanaan latihan ini sesuai dengan arahan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar setiap satuan di Koarmada II termasuk satgas yang berupaya untuk meningkatkan profesionalitas prajurit dengan aktif menggelar latihan yang berkesinambungan. sehingga naluri tempur prajurit akan tetap terjaga,” ucap Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo.

Baca: Patkamla Nunukan Lantamal XIII TNI Tangkap Kapal Pembawa Sabu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya