30 Pelajar SMA Naik KRI Cut Nyak Dien 375 di Ancol

VIVA Militer: 30 Pelajar SMA Sambangi KRI Cut Nyak Dien 375 di Ancol
Sumber :
  • Website TNI AL

VIVA – Sebanyak 30 pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) DKI Jakarta dan sekitarnya menyambangi KRI Cut Nyak Dien 375 yang tengah bersandar di Markas Komando Pankalan Utama TNI Angakan Laut (Mako Lantamal) III, Ancol, Jakarta Utara.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Kegiatan ini berlangsung saat Komandan Lantamal (Danlantamal) III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI Hermanto membuka pelaksanaan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB). 

Setelah selesai mengikuti acara pembukaan, para peserta selanjutnya diantar ke Pondok Dayung untuk diperkenalkan dengan pasukan elite TNI AL. Kemudian mereka melaksanakan open ship di KRI dan mengikuti joy sailing

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

“Kegiatan BJRB TNI AL tahun 2020 dilaksanakan dengan tujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri Bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari,” kata Danlantamal dikutip VIVA Militer dari situs TNI AL Jumat 24 Juli 2020.

Hermanto juga menjelaskan bahwa pembangungan kelautan Indonesia melibatkan dan membutuhkan peran aktif komponen bangsa dari segala aspek. Sehingga kita bisa bersama-sama memberikan kontribusi untuk meningkatkan upaya kesejahteraan dan taraf hidup bagi generasi penerus.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL tahun 2020 memiliki makna penting yaitu sebagai kegiatan yang tepat untuk menumbuh-kembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkualitas.

“Pada kesempatan yang baik ini, melalui kegiatan BJRB kalian bisa mengenal satu dengan yang lainnya dan mempererat tali silahturahmi antar peserta sehingga tercipta sebuah kekompakan antar generasi muda yang sedang melaksanakan kegiatan BJRB,” ujar Kolonel Binsar, pemberian materi hukum, kesehatan dan kebaharian serta permainan kelompok.

Hermanto juga mengatakan bahwa materi yang diberikan para pendidik dan pelatih diharapkan dapat menggugah kembali jiwa dan semangat bahari para peserta sebagai generasi muda.

Dengan demikian Danlantamal III Jakarta mengharapkan bahwa para pelajar ini dapat memanfaatkan laut dengan kekayaan yang terkandung didalamnya bagi kesejahteraan Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Indonesia sangat membutuhkan pemuda-pemudi tunas bangsa yang handal dan yang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menggali dan memanfaatkan potensi kelautan yang ada,” ucap Brigadir Jenderal TNI Hermanto. 

Berada ditengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini menjadikan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pelajar harus dibatasi dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Sebelum memasuki area KRI Cut Nyak Dien 375, para pelajar yang berjumlah 30 orang lebih dulu melaksanakan rapid test. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya rasa khawatir penularan virus asal Negeri Tirai Bambu ini. 

Baca: Latihan Bahaya Marinir TNI, Tembak Jet Musuh Pakai Meriam Besar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya