Kopaska TNI Tancapkan Bendera Indonesia Baru di Perbatasan Malaysia

VIVA Militer: Prajurit Kopaska Ganti Bendera di Suar Karang Unarang, Ambalat
Sumber :
  • Website TNI AL

VIVA – Sebelumnya beberapa waktu lalu prajurit Komando Pasukan Katak (KOPASKA) yang tergabung dalam Satgas Pamtas Guspurla Koarmada II melaksanakan latihan on board di KRI Diponegoro-365 (DPN-365).

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Dilansir VIVA Militer dari situs resmi TNI AL Senin 27 Juli 2020, kali ini prajurit Kopaska melaksanakan penggantian bendera Merah putih di Suar Karang Unarang, Ambalat. 

Proses pergantian bendera Merah Putih di pulau yang terletak di perbatasan antara Kalimantan Utara dan Malaysia ini disaksikan langsung oleh Danguspurla Koarmada II, Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

“Proses pergantian bendera Merah Putih ini sebagai bentuk atau simbol penegakan kedaulatan NKRI di perairan Ambalat dan sekaligus menunjukkan eksistensi atau kehadiran TNI, khususnya TNI AL di wilayah tersebut,” kata Rahmat.

Danguspurla Koarmada II juga menjelaskan bahwa bendera yang sudah berada di suar itu sudah lama tidak diganti dengan yang baru, sehingga warnanya kurang jelas terlihat dari kejauhan.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Memiliki tugas pokok guna mendukung pengendalian laut maupun mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut, operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia juga memiliki tugas ringan yaitu untuk mengganti bendera yang sudah terlihat usang.

"Hal ini sebagaimana instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto,  bahwa kita harus berupaya semaksimal mungkin menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah perairan Indonesia. Sebab Indonesia memiliki kekayaan laut yang beraneka ragam, serta pulau-pulau yang menarik minat negara lain untuk menguasainya," ujar Rahmat Eko.

Baca: Aksi Prajurit TNI Suarakan Lagu Mendiang Glenn Fredly Bikin Merinding

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya