TNI Rekrut Besar-besaran Prajurit untuk Lantamal Sorong

VIVA Militer: Seleksi Penerimaan Calon BIntara dan Tamtama Wilayah Sorong, Papua
Sumber :
  • TNI AL

VIVA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) merekrut putra putri terbaik asal Papua untuk menjadi prajurit TNI AL strata Bintara dan Tamtama secara besar-besaran. Perekrutan ini dilakukan untuk mengawaki Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Dilansir VIVA Militer melalui situs TNI AL Rabu 29 Juli 2020, tercatat sebanyak 125 orang yang terbagi menjadi 108 calon Bintara pria dan 17 calon Bintara wanita serta calon Tamtama sebanyak 100 orang.

Hasil penerimaan calon bintara dan tamtama tersebut diputuskan melalui Sidang Komisi Penentuan Akhir (Pantukhir) yang diselenggarakan di gedung serba guna Markas Komando Koarmada III, Sorong, Papua.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Sidang Pantukhir Caba dan Cata PK TNI AL tahun 2020 wilayah Papua sendiri dipimpin oleh Asisten Personel KSAL, Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra.

Namun setelah melewati seluruh tahap seleksi yang sangat ketat, maka diputuskan sebanyak 100 calon bintara yang terbagi menjadi 83 calon bintara pria dan 17 bintara wanita, serta 85 calon tamtama.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Selanjutnya para pemuda dan pemudi itu akan menjalani pendidikan dasar militer yang akan berlangsung di Pasmar 3 Sorong, pendidikan kejuruan di Lantamal XIV Sorong, dan pelaksanaan latihan praktek menggunakan KRI di jajaran Koarmada III.

Pendidikan calon bintara dan tamtama prajurit karier TNI AL baru kali ini diselenggarakan di Sorong, karena sebelumnya selalu diselenggarakan di Kodiklatal, Surabaya.

Selama sidang Pantukhir berlangsung, proses seleksi tetap senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat proses penerimaan prajurit tahun 2020 kali ini terasa berbeda karena berada ditengah pandemi COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya