Sosok Kapal Perang Rudal TNI Berteknologi Siluman

VIVA Militer: Kapal Perang FAC Trimaran
Sumber :
  • PT Lundin

VIVA – Selain membeli kapal perang dari negara-negara Eropa, ternyata Indonesia memiliki pabrik yang juga memproduksi kapal perang dalam bentuk yang lebih kecil dari biasanya.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Meski berukuran kecil, kapal perang buatan PT Lundin patut diacungi jempol lho. Karena tidak hanya Indonesia sebagai penggunanya, tapi negara tetangga seperti Malaysia juga menggunakan kapal perang buatan Banyuwangi ini.

Kapal perang berukuran mini yang akan dibahas VIVA Militer dari situs PT Lundin edisi Selasa 3 Agustus 2020 kali ini adalah FAC Trimaran. 

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Fast Attack Craft (FAC) Trimaran menggunakan desain Wave Piercing modern. Hal ini yang memungkinkan kapal untuk memecah ombak dan memberikan stabilitas yang terbaik. 

Kapal ini ternyata juga dilengkapi dengan teknologi siluman yang sudah dikembangkan untuk dapat memantulkan sinyal radar. Sehingga kapal ini seperti ada dan tiada ketika terdeteksi radar.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Selain teknologi siluman, FAC Trimaran juga tidak lupa dilengkapi dengan persenjataan diri yang disembunyikan dengan badan kapal. Dengan ukuran dek sebesar 63 meter, kapal ini juga mampu membawa helikopter.

Kapal ini dipakai juga oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut. Salah satunya ialah KRI Klewang. Namun sayang, baru sebulan dilluncurkan KRI Klewang terbakar dan TNI kembali akan menghidupkan KRI Klewang II dengan varian yang sama.

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi saat memimpin Rakor persiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H di Markas Polda Sumut.(dok Polda Sumut)

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Sebanyak 12.092 personel gabungan TNI/Polri dalam pengamanan arus mudik hingga perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, di Sumatera Utara. Termasuk mendirikan ratus

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024