Dewa Sakti Bersemayam di Tempat Latihan Perang Marinir TNI

VIVA Militer: Pantai Baruna Marinir.
Sumber :
  • Korps Marinir

VIVA – Pasukan Marinir dari Angkatan Laut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) kini telah memiliki tempat latihan tempur yang baru.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pusat latihan Korps Marinir itu berada di lokasi yang benar-benar berbahaya. Bagaimana tidak, kondisi alamnya benar-benar ganas, berada tepat di bibir Samudera Hindia yang terkenal dengan gelombangnya lautnya yang besar.

Lokasinya berada di Pantai Kondang Iwak, Dusun Sumber Pucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Dan kini diberi nama Pantai Baruna.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dikutip VIVA Militer dari saluran resmi Korp Marinir, Jumat 14 Agustus 2020, Selain selalu dihantam ombak besar, tempat latihan baru Marinir juga dikelilingi hutan belantara yang masih perawan.

Nama Pantai Baruna disematkan dengan mengutip nama salah satu dewa atau batara yang sakti luar biasa, yaitu Dewa Baruna.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Menurut Mrinir Dewa Baruna penguasa dan pelindung lautan, memiliki jiwa penolong dan pemberi manfaat bagi lingkungan di mana dia berada, dengan harapan dapat dijadikan inspirasi bagi prajurit muda Korps Marinir untuk memiliki jiwa dan sifat seperti Dewa Baruna.

Dalam lakon pewayangan, Batara Baruna digambarkan sebagai sosok raksasa yang bisa berubah wujuh menjadi ikan berkepala gajah.

Tempat latihan baru Marinir ini telah resmi dibuka langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono berbarengan dengan tradisi pembaretan terhadap Perwira Remaja AAL Angkatan 65 dan Bintara Remaja Angkatan 39/1. Luas tempat latihan baru ini 1.000 hektare. Luas area pantainya sepanjang satu kilometer.

Lahan lokasi latihan baru itu merupakan milik Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Dan Marinir memakainya setelah diterbitkan surat persetujuan Kemen LHK RI Nomor S.891/Men LHK/PKS/Ren/Pla.0/6/2020 tanggal 10 Juni 2020 tentang Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan KPH Malang sebagai daerah latihan tempur Korps Marinir TNI AL.

Baca: Tertawa Menyeramkan, Tentara Wanita Dirasuki Roh Jahat di Asrama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya