COVID-19 Jakarta Lampaui Singapura, TNI Siagakan 17 Hotel Berbintang

VIVA Militer: Panglima Komando Daerah Jayakarta, Mayjen Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Kodam Jaya

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) ternyata tak main-main dalam menghadapi pertempuran melawan serangan Virus Corona atau COVID-19 yang terus mangganas di Ibukota Jakarta.

8 Jenderal Pejabat Utama TNI AU Diganti, 2 Kolonel Melejit Pecah Bintang

Yang terbaru, TNI melalui Komando Daerah Militer Jayarkarta alias Kodam Jaya, telah menyiapkan lokasi-lokasi khusus bagi pemerintah pusat dan daerah untuk menangani pasien COVID-19 khusus orang tanpa gejala alias OTG.

Dalam siaran resmi yang didapatkan VIVA Militer, Senin 21 September 2020, Kodam Jaya telah menyiapkan satu Tower 4 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, untuk merawat inap pasien OTG.

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Menurut Panglima Kodam Jaya, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurahman, semua akomodasi dan perlengkapan yang menjadi kebutuhan pokok para pasien OTG COVID-19 sudah tersedia. Mulai dari air bersih, sumber listrik, pendingin ruangan alias AC, tempat tidur dan lift.

Pangdam Jaya menuturkan, Tower 4 terdiri dari 32 lantai. Dengan fasilitas yang sudah lengkap itu, nantinya pasien OTG COVID-19 dapat melakukan kegiatan pribadi secara mandiri.

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

"Setiap lantai akan kita siapkan 1 orang dokter dan 2 orang perawat medis," ujar Pangdam Jaya.

Selain itu, Pangdam Jaya menyatakan, TNI juga telah menyiagakan belasan hotel di Jakarta untuk menampung pasien OTG COVID-19. "Selain Tower 4 ini, kami juga menyediakan 17 hotel bintang 1 dan 2 di wilayah Jakarta," kata Mayjen Dudung.

Untuk diketahui, Pemerintah DKI Jakarta memang sedang kewalahan menghadapi serangan COVID-19 yang kian hari semakin meledak jumlahnya. Bahkan, parahnya lagi jumlah pasien COVID-19 di Jakarta kini telah melampaui negara Singapura.

Tercatat dari data Dinas Kesehatan DKI, terhitung tanggal 21 September 2020, total terdapat 62.886 kasus positif COVID-19. Sebanyak 1.561 meninggal dunia, 49.209 sembuh, dan 3.819 dalam perawatan, serta 8.297 isolasi mandiri.

Kasus positif COVID-19 Jakarta ini telah jauh melampaui Singapura. Di negeri singa tercatat ada 57.576 kasus positf COVID-19. Sebanyak  57.181 berhasil disembuhkan dan 27 meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah kasus COVID-19 Jakarta masih menjadi yang tertinggi di Indonesia, saat ini total penderita COVID-19 Indonesia tercatat sebanyak 244.676 positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya