COVID-19 Jakarta Lampaui Singapura, TNI Siagakan 17 Hotel Berbintang

VIVA Militer: Panglima Komando Daerah Jayakarta, Mayjen Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Kodam Jaya

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) ternyata tak main-main dalam menghadapi pertempuran melawan serangan Virus Corona atau COVID-19 yang terus mangganas di Ibukota Jakarta.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Yang terbaru, TNI melalui Komando Daerah Militer Jayarkarta alias Kodam Jaya, telah menyiapkan lokasi-lokasi khusus bagi pemerintah pusat dan daerah untuk menangani pasien COVID-19 khusus orang tanpa gejala alias OTG.

Dalam siaran resmi yang didapatkan VIVA Militer, Senin 21 September 2020, Kodam Jaya telah menyiapkan satu Tower 4 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, untuk merawat inap pasien OTG.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Menurut Panglima Kodam Jaya, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurahman, semua akomodasi dan perlengkapan yang menjadi kebutuhan pokok para pasien OTG COVID-19 sudah tersedia. Mulai dari air bersih, sumber listrik, pendingin ruangan alias AC, tempat tidur dan lift.

Pangdam Jaya menuturkan, Tower 4 terdiri dari 32 lantai. Dengan fasilitas yang sudah lengkap itu, nantinya pasien OTG COVID-19 dapat melakukan kegiatan pribadi secara mandiri.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

"Setiap lantai akan kita siapkan 1 orang dokter dan 2 orang perawat medis," ujar Pangdam Jaya.

Selain itu, Pangdam Jaya menyatakan, TNI juga telah menyiagakan belasan hotel di Jakarta untuk menampung pasien OTG COVID-19. "Selain Tower 4 ini, kami juga menyediakan 17 hotel bintang 1 dan 2 di wilayah Jakarta," kata Mayjen Dudung.

Untuk diketahui, Pemerintah DKI Jakarta memang sedang kewalahan menghadapi serangan COVID-19 yang kian hari semakin meledak jumlahnya. Bahkan, parahnya lagi jumlah pasien COVID-19 di Jakarta kini telah melampaui negara Singapura.

Tercatat dari data Dinas Kesehatan DKI, terhitung tanggal 21 September 2020, total terdapat 62.886 kasus positif COVID-19. Sebanyak 1.561 meninggal dunia, 49.209 sembuh, dan 3.819 dalam perawatan, serta 8.297 isolasi mandiri.

Kasus positif COVID-19 Jakarta ini telah jauh melampaui Singapura. Di negeri singa tercatat ada 57.576 kasus positf COVID-19. Sebanyak  57.181 berhasil disembuhkan dan 27 meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah kasus COVID-19 Jakarta masih menjadi yang tertinggi di Indonesia, saat ini total penderita COVID-19 Indonesia tercatat sebanyak 244.676 positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya