Terungkap, Ternyata Dentuman di Jakarta Berasal dari Bom Paskhas TNI

VIVA Militer: Sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK2 Paskhas TNI AU
Sumber :
  • Komando Pertahanan Udara Nasional (KOHANUDNAS)

VIVA – Masyarakat Jakarta kemarin malam dikagetkan dengan suara dentuman yang sangat keras layaknya suara bom. Dentuman itu sempat menghebohkan jagad media sosial, sebab dikabarkan dentuman terdengar hingga ke wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, tepatnya di daerah Kalibata.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Ternyata, dentuman keras itu berasal dari suara ledakan TNT yang berasal dari Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas) TNI AU. 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto membenarkan bahwa dentuman suara keras yang sempat terdengar kemarin malam dan tadi pagi itu berasal dari bom TNT blast suara yang berasal dari markas Paskhas TNI AU di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Iya itu dari Paskhas. Mereka sedang ada kegiatan dan itu bomnya bukan bom yang menghancurkan bangunan. Itu TNT hanya blast suara saja," kata Marsma TNI Fajar Adriyanto, Senin, 21 September 2020.

Lebih jauh dia menjelaskan, suara ledakan keras itu digunakan oleh prajurit Paskhas TNI AU sejak kemarin karena pasukan elit TNI AU telah melakukan tradisi penerimaan anggota baru. 

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

"Itu karena di Paskhas itu ada tradisi penerimaan anggota baru masuk. Istilah dalam tradisi itu pagi-pagi mereka dibangunin, ayo bangun pagi-pagi pakai bom itu. Tapi sekali lagi itu bukan bom yang menghancurkan gedung, itu cuma TNT suara saja dari nitrogen trineteroleum," ujarnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, heboh suara dentuman ledakan mulai meramaikan jagad media sosial sejak kemarin malam. Suara dentuman keras itu terdengar sekitar dua kali pada hari Minggu malam, 20 September 2020 dan Senin pagi, 21 September 2020. 

Sejumlah netizen mengungkapkan suara dentuman terdengar di sejumlah wilayah yaitu daerah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Bahkan, BMKG sempat angkat bicara terkait dengan suara dentuman tersebut. BKMG mengatakan bahwa suara dentuman itu berasal dari suara suara petir karena sejumlah wilayah di Jakarta kemarin turun hujan antara sedang hingga lebat. Ternyata, kini terjawab sudah, bahwa suara dentuman keras yang menghebohkan sebagian warga Jakarta itu berasal dari ledakan TNT suara yang berasal dari Korps Pasukan Khas TNI AU.

Baca juga : Jenderal TNI Bintang Empat Pertama di Indonesia yang Positif COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya