Gebrakan Besar Jenderal Luhut Himpun Kekuatan TNI Perangi COVID-19

VIVA Militer: Jenderal (purn) LBP.
Sumber :
  • LBP

VIVA – Ternyata setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai orang yang menangani serangan Virus Corona atau COVID-19, Jenderal (purn) Luhut Binsar Pandjaitan membuat gebrakan yang luar biasa.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Salah satunya ialah, menghimpun kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bekerjasama menyusun strategi khusus penunjukan rumah sakit di seluruh Indonesia sebagai rumah sakit rujukan resmi bagi pasien COVID-19.

Gebrakan Jenderal Luhut ini terungkap dalam siaran resmi Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana, Bali yang dilansir VIVA Militer, Selasa 22 September 2020.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Jenderal Luhut telah menggelar rapat koordinasi bersama Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara untuk membahas strategi besar memerangi penyebaran COVID-19.

Dalam rapat itu, mantan Komandan Group 3 Sandhi Yudha Kopassus TNI tersebut menerangkan bahwa, protokol terapi standar penanganan pasien positif COVID-19 telah tuntas disusun Kementerian Kesehatan RI dan telah mendapat masukan dari berbagai organisasi profesi dan tim rumah sakit pemerintah yang berdiri di bawah Badan Usaha Milik Negara.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Kepada Kemenkes, Jenderal Luhut meminta Kemenkes untuk segera mensosilisasikan protokol terapi ke seluruh rumah sakit rujukan resmi yang berada di 9 provinsi plus Aceh.

Dan sosialisasi ini harus dilanjutkan dengan pendampingan implementasi termasuk training dokter dan tenaga kesehatan untuk kemudian dimonitoring pelaksanaannya, serta tim task force yang dibentuk  Kemenkes harus segera turun. Kemenkes harus memastikan ketersediaan obat dan alat terapi yang dibutuhkan untuk penanganan COVID-19 ini, termasuk distribusinya kepada rumah sakit yang dibutuhkan.

Sementara, Kodam melalui Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) bertugas membantu monitoring implementasi protokol terapi penanganan pasien COVID-19 ini.

Perlu diketahui, Jenderal Luhut tak hanya seorang diri menangani serangan COVID-19, dia diduetkan dengan Komandan Jenderal Kopasssus ke-27, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. Mereka berdua khusus mendapatkan tugas menanangis wilayah mulai dari  DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya