Danjen Kopassus: Tetesan Darah Prajurit Kami untuk Rakyat Indonesia

VIVA Militer :Danjen Kopassus Brigjen TNI Mohammad Hasan bersama H.M.Jusuf Kalla
Sumber :
  • Kapen Kopassus TNI AD

VIVA – Di tengah masa Pandemi COVID-19 saat ini telah berdampak kepada ketersediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI). Untuk mengatasi hal itu, pasukan TNI AD dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar kegiatan bakti sosial donor darah untuk memenuhi ketersediaan stok darah di PMI.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI Mohammad Hasan menyatakan, kegiatan bakti sosial donor darah yang dilakukan oleh pasukan Baret Merah kali ini tidak hanya dilakukan di Markas Komando Kopassus Cijantung, Jakarta Timur saja, melainkan aksi donor darah itu dilakukan secara serentak di sejumlah kesatuan Kopassus.

"Kegiatan donor darah ini diikuti oleh anggota Kopassus, yang berasal dari Makodenma Kopassus, Grup-3 Kopassus dan Sat-81 Kopassus dan kegiatan ini dilaksanakan serentak di satuan jajaran Kopassus baik di Grup-1 Kopassus Serang, Grup- 2 Kopassus Kartasura dan Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar, Batalyon 14 Grup-1 Kopassus dengan target 550 pendonor," kata Danjen Kopassus Brigjen TNI Mohammad Hasan melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA Militer, Selasa, 22 September 2020.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Lebih jauh dia menambahkan, kegiatan donor darah ini juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-75 tahun yang jatuh pada 5 Oktober mendatang. Danjen Kopassus sangat berharap setiap tetes darah yang keluar dari tubuh para prajurit ksatrian itu dapat memenuhi stok darah di PMI dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Perlu diingat, bahwa dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya. Setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa," ujarnya.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), H.M.Jusuf Kalla mengapresiasi konsistensi Kopassus yang rutin selalu menggalakkan kegiatan donor darah ini. 

Menurut Jusuf Kalla, sejauh ini kesadaran masyarakat dalam mendonorkan darahnya masih sangat minim. Sehingga dia berharap, konsistensi Kopassus dalam melakukan donor darah itu dapat menjadi contoh bagi masyarakat secara luas bahwa mendonorkan setetes darah itu sangat bermanfaat untuk orang lain.

"Saya sangat berterimakasih kepada Kopassus yang rutin dan konsisten selalu melakukan donor darah demi kebutuhan masyarakat banyak," kata Jusuf Kalla.

Baca juga : Pasukan Kumbang Hitam TNI Buat Minyak VCO untuk Rakyat Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya